Rabu, 19 Januari 2022
Ekonomi

Curhatan Pelaku Usaha Penginapan yang Terdampak Surat Edaran Walkot Batu

profile
Admin

25 Desember 2020 17:29

168 dilihat
Curhatan Pelaku Usaha Penginapan yang Terdampak Surat Edaran Walkot Batu
Sejumlah penginapan di Kota Batu terdampak SE Wali Kota Batu

KOTA BATU — Pelaku usaha penginapan di Kota Batu mengeluhkan dampak dari Surat Edaran (SE) Wali Kota Batu yang mewajibkan adanya rapid test antibodi, bagi setiap orang yang menginap. Pelaku usaha ini mengeluhkan adanya penurunan pengunjung selama libur natal dan tahun baru kali ini. 

Seorang marketing villa dan homestay Tomi Ardiansyah mengakui dampak dari SE Wali Kota Batu cukup dirasakannya dan teman - teman. Wisatawan yang berkunjung tak seperti biasanya berkunjung, beberapa wisatawan membatalkan kunjungannya lantaran SE tersebut. 

"Yang paling berdampak, ketika pelaku usaha seperti tempat hiburan, tempat rekreasi, hotel, guest house, vila, restoran, kafe, pusat perbelanjaan, dan event organizer dilarang melakukan kegiatan di luar ruangan yang menimbulkan kerumunan. Ini jelas berdampak," ujar Tomy kepada suarajatimpost, pada Jumat (25/12/2020). 


Tomy menyebut, biasanya di natal dan tahun baru ia bisa menyewakan dari 60 hingga 80 unit villa atau homestay. Namun saat pandemi COVID-19 di akhir tahun ini hanya bisa menyewakan 20 unit. 

"Kalau tahun lalu sebelum pandemi, sebelum tanggal 25 sudah sould out. Sekarang ya harus kami syukuri, meski sudah hari Natal namun belum sampai 20 unit yang reservasi, karena banyak yang cancle sebab SE Wali Kota," keluhnya.

Tomi menambahkan, harga yang ditawarkan kenaikannya tahun ini hanya mencapai 30 persen. Bahkan harga tersebut cenderung menurun lantaran adanya pandemi COVID-19 memukul perekonomian masyarakat juga. 

"Harganya sudah kita sepakati turun dari tahun-tahun sebelumnya lantaran pandemi Covid-19. Untuk Homestay saat ini harganya hanya 750 ribu sampai Rp 1 juta untuk 1 rumah. Sedangkan untuk 1 kamar turun menjadi 250 ribu sampai 400 ribu. Tapi tetap belum bisa menolong merosotnya pendapatan kami," tandas dia. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Curhatan Pelaku Usaha Penginapan yang Terdampak Surat Edaran Walkot Batu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT