Sabtu, 29 Januari 2022
Lifestyle

Dana Rp 6 M Diperlukan untuk Membangun Masjid Agung Al Hidayah yang Menyerupai Hagia Sophia

profile
Avirista

22 April 2021 16:12

185 dilihat
Dana Rp 6 M Diperlukan untuk Membangun Masjid Agung Al Hidayah yang Menyerupai Hagia Sophia
Bangunan Masjid Agung Al Hidayah

MALANG - Kemegahan Masjid Agung Al Hidayah, Hagia Sophia-nya Malang ternyata tak datang begitu saja. Perlu waktu renovasi yang lama dan menelan biaya miliaran rupiah untuk merenovasi masjid yang menyerupai Hagia Sophia ini.

Sekretaris Masjid Agung Al Hidayah Anas Firdaus menyatakan, renovasi terakhir dilakukan sejak 2008. Sejak saat itu hingga selesai pengerjaan pada 2018 lalu telah menelan dana Rp 6 miliar.

"Mulai 2008 dibangun, dana murni dari masyarakat sendiri. Dana habis berapa, Insya Allah lebih dari Rp 6 miliar," ungkap Anas, ditemui pada Kamis siang (22/4/2021).

Dana Rp 6 miliar ini dikatakannya hanya kisaran yang tercatat saja, sedangkan masih banyak bantuan - bantuan yang tidak tercatat dengan nominal yang belum diketahui.

"Dana itu belum termasuk orang - orang yang sodaqoh, naruh sementara, naruh yang lainnya, tanpa tercatat. Itu belum masuk di pembukuan," ungkapnya.

Namun Anas memastikan dana pembangunan Masjid Agung Al Hidayah yang menyerupai Hagia Sophia ini murni dari dana sumbangan dan inisiasi warga, dan tidak ada sepeser pun dari kas negara, apalagi disumbang APBD.

"Untuk pendirian masjid ini murni dananya dari masyarakat. Dan kita sudah pembangunannya kurang lebih memakan waktu hampir 10 tahun. Murni dana dari masyarakat," tutur Anas kembali. 

Kubah masjid menyerupai Hagia Sophia Turki

 

Saat ini sendiri pengelola masjid masih akan mempercantik bangunan masjid seluas 20 x 30 meter dengan menambahkan dua menara kembar. Menara kembar ini akan berdiri di sisi utara dan selatan Masjid Agung Al Hidayah setinggi 45 meter yang berdiri simetris dengan kubah masjid.

"Mohon doa restunya, kita rencana ada dua menara untuk tahun ini kita membangun menara yang tingginya 45 meter. Karena menara itu salah satu dari ikon masjid adalah menaranya rencana ada dua, satu di selatan, satu di sebelah utara. Kalau untuk filosofi tingginya nggak ada, tinggi 45 meter ini disesuaikan dengan ketinggian kubah sama tinggi menara itu harus lurus simetris, gitu aja filosofinya nggak ada," bebernya.

Dengan renovasi bangunan utama masjid sejak tahun 2008, masjid kebanggaan warga Desa Karangan ini bisa menampung hingga 700 jamaah. Hal ini pula yang membuat aktivitas ibadah di Desa Karangan biasanya dipusatkan di Masjid Agung Al Hidayah, termasuk saat memasuki bulan suci Ramadan.

"Untuk kegiatan di bulan Ramadan, perlu diketahui masjid ini membawahi dari musala - musala se- Desa Karangan, kurang lebih ada 16 musala di Desa Karangan, semuanya terpaku dan terpusat pada masjid ini," kata Anas.

Kegiatan keagaaman mulai dari ceramah agama, salat tarawih, hingga kajian kitab juga dilakukan di masjid ini selama bulan suci Ramadan.

Kegiatan keagaaman saat bulan Ramadan

 

"Masjid Agung Al Hidayah ini ada beberapa kegiatan, dimulai dari sebelum maghrib kita ada doa bersama, yaitu membaca Surat Waqiah, sama Surat Ar-rahman, dilanjutkan dengan takjil dan salat berjamaah maghrib. Setelah itu salat tarawih seperti biasa, setelah salat tarawih, ada kajian atau tadarus, nanti setelah salat subuh itu ada kajian kitab," terangnya.

Masjid Agung Al Hidayah ini juga dimanfaatkan oleh Pondok Pesantren Al Hidayah yang juga masih satu lokasi dengan bangunan masjid. Apalagi disebutnya, bangunan masjid, pondok pesantren, dan sekolah yang masih satu lingkungan, masih pada kepemilikan satu yayasan yang sama.

Salah satu kegiatan yang dilakukan sekolah yang tampak dari pantauan, yakni salat berjamaah dhuhur dan pembacaan Alquran, usai salat berjamaah.

"Ada kegiatan sekolah, karena sekolah itu satu yayasan dengan masjid, mulai RA, MI, MTS, MA, yang didirikan oleh Almaghfurullah Kiai Ismail, memang rutin," tukasnya. 
 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dana Rp 6 M Diperlukan untuk Membangun Masjid Agung Al Hidayah yang Menyerupai Hagia Sophia

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT