Rabu, 26 Januari 2022
Ekonomi

Dana Zakat Dihimpun, Uang hingga Sembako Diberikan ke Warga Terdampak PPKM di Lumajang

profile
Achmad

02 Agustus 2021 20:06

176 dilihat
Dana Zakat Dihimpun, Uang hingga Sembako Diberikan ke Warga Terdampak PPKM di Lumajang
Bupati Lumajang saat memberikan bantuan ke warga Lumajang

LUMAJANG - Warga Lumajang terus digelontor bantuan beras dari dana zakat yang dihimpun jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN). Dana zakat yang disisihkan kemudian dibelanjakan untuk membeli beras dan ada yang diberikan dalam bentuk uang kepada masyarakat Kabupaten Lumajang terdampak PPKM level 4 dan pandemi COVID-19. 

Tampak pada Senin (2/8/2021) Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Wakil Bupati (Wabup) Lumajang Indah Amperawati, bersama Forkopimda Kabupaten Lumajang, melepas bantuan secara simbolis untuk para warga terdampak PPKM dan pandemi COVID-19. 

Setidaknya ada beberapa kelompok masyarakat yang digelontor bantuan beras di GOR Wira Bhakti Lumajang, mulai dari pedagang kaki lima (PKL) Kota Wisata, komunitas difabel, tukang becak dan pemohon online.

"Yang belum dapat bantuan beras, langsung melaporkan ke kantor kecamatan, biar langsung didata," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq. 

Menurut Cak Thoriq, sapaan akrabnya, bantuan yang diberikan ini dihimpun dari forum zakat Kabupaten Lumajang. Dimana dari kerja keras mereka akhirnya terkumpul beberapa paket beras untuk masyarakat yang terdampak PPKM, baik melalui pendataan yang mekanismenya sudah diatur maupun masyarakat yang langsung melapor kepada forum zakat.

"Hari ini beras yang akan disalurkan sebesar 19.681 dari beras yang sudah terkumpul. Harapannya beras yang sudah dihimpun oleh forum zakat bisa disalurkan ke seluruh masyarakat," ungkapnya.

Ditegaskan lagi oleh politisi PKB ini, sudah ada mekanisme bagi masyarakat yang belum mendapatkan beras untuk segera melapor ke kecamatan masing-masing. Selain itu, juga sudah ada alat buat masyarakat agar bisa mendaftar secara online.

"Kita masih ada persediaan untuk masyarakat yang merasa terdampak tetapi belum mendapatkan agar segera melapor atau mendaftar baik di kecamatan maupun secara online," tegasnya lagi.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Lumajang Atok Hasan Sanusi melaporkan, dari data  per tanggal 2 Agustus 2021, bantuan yang dihimpun dari forum zakat sejumlah 20.628 sak. Kemudian ada uang tunai yang sudah dibelanjakan beras sebesar Rp 177.750.000, serta ASN Peduli sejumlah 16.253 sak. Saat ini penyaluran bantuan beras kepada masyarakat yang terdampak PPKM sejumlah 19.681 sak.

"Kami sangat apresiasi kepedulian ASN Kabupaten Lumajang untuk membantu masyarakat yang terdampak PPKM," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dana Zakat Dihimpun, Uang hingga Sembako Diberikan ke Warga Terdampak PPKM di Lumajang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT