Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Diangkut Bersama Besi Rongsokan, Ratusan Ekor Satwa Dilindungi Diamankan Polda Jatim

profile
Erwin

26 Agustus 2021 21:20

224 dilihat
Diangkut Bersama Besi Rongsokan, Ratusan Ekor Satwa Dilindungi Diamankan Polda Jatim
Pengamanan satwa langka oleh Polda Jawa Timur

SURABAYA – Ratusan satwa berhasil digagalkan dari upaya penyelundupan melalui jalur laut. Upaya menggagalkan ini dilakukan Ditpolairud Polda Jawa Timur, pada Kamis dini hari (26/8/2021) sekitar pukul 01.00 WIB, setelah menerima informasi dari masyarakat. 

Dirpolairud Polda Jatim Kombes Arnapi mengatakan, dari informasi yang diterima dari masyarakat, petugas lantas melakukan penyelidikan menerjunkan anggota ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Petugas dibuat curiga dengan dua truk yang baru turun dari KM Dharma Fery VII.  Kemudian, dua unit truk dengan Nopol  S 9344 UT dan L 8266 UB ini pun dibuntuti oleh petugas.

"Saat kedua truk turun dari kapal sekitar pukul 01.00 WIB, diam-diam petugas melakukan pembuntutan. Kemudian kedua truk berhenti di depan kantor bank area pelabuhan di Jalan Perak Timur, Surabaya dan disusul mobil abu-abu,” ucapnya.

Saat berhenti itulah, truk mengeluarkan sejumlah muatannya yang diduga satwa langka ke sebuah mobil minibus Toyota Calya. Petugas dari Polda Jatim kemudian melakukan penyergapan ke dua truk tersebut.  "Terpantau oleh anggota sedang ada kegiatan pemindahan muatan beberapa dus yang diduga berisi burung dari truk ke mobil Toyota Calya," katanya

Benar saja saat dibuka dua truk tersebut membawa 100 burung Cucak Hijau dan 24 burung Murai dari Balikpapan. Satwa - satwa langka bernilai ratusan juta rupiah ini diangkut bersama rongsokan besi tua untuk mengelabui petugas.

“Selanjutnya dilakukan penangkapan dan dibawa ke kantor Ditpolairud Polda Jatim untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tuturnya

Polisi sendiri mengamankan seorang terduga pelaku bernama  Muchammad Kurniawan (23), warga Kramat II, Ganting, Gedangan, Sidoarjo. Kini pemuda tersebut masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk mempertanggungjawabkan ulahnya.

Akibat ulahnya, tersangka Muchammad Kurniawan dikenakan pasal 40 ayat (2) juncto pasal 21 ayat (2) UU nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Diangkut Bersama Besi Rongsokan, Ratusan Ekor Satwa Dilindungi Diamankan Polda Jatim

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT