Kamis, 27 Januari 2022
Pemerintahan

Diberi Amanah Baru Jadi Korwil APAKSI Jatim, Bupati Jember : Bangun Sinergi Antar Kepala Daerah

profile
Rochul

20 Juni 2021 14:28

361 dilihat
Diberi Amanah Baru Jadi Korwil APAKSI Jatim, Bupati Jember : Bangun Sinergi Antar Kepala Daerah
Bupati Jember Hendy Siswanto saat Rakernas Apkasi di Bali

JEMBER - Jabatan baru diemban Hendy Siswanto, Bupati Jember. Kini Hendy ditunjuk sebagai koordinator wilayah (Korwil) Jawa Timur Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APAKSI), melalui rapat kerja nasional (Rakernas) Dewan Pengurus APAKSI XIII di Nusa Dua, Bali, pada Sabtu 19 Juni 2021 kemarin. 

Pada keterangannya usai dilantik sebagai koordinator wilayah APAKSI Jawa Timur, Hendy menyambut baik amanah yang ia emban sebagai koordinator wilayah Jawa Timur. Dirinya pun mengaku siap menjadi jembatan antara pemerintah kabupaten di Jawa Timur dengan pemerintah pusat untuk membuat sinergi untuk pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19. 

β€œSebagai Koordinator Wilayah Jawa Timur. Tugas ini merupakan sebuah amanah untuk mensinergikan komunikasi dan koordinasi antar kepala daerah,agar pemulihan ekonomi lekas membaik," kata Hendy, melalui siaran perpers pada Minggu,(20/6/2021).

Selain itu, dalam upaya mendorong percepatan pembangunan dan pemulihan ekonomi akibat masa pandemi ini. Ia menegaskan perlunya sinergi antara kepala daerah - kepala daerah di Jawa Timur dalam berbagai hal.

"Mulai dari bupati dan wali kota untuk bisa kerjasama. Paling sederhana misalnya promosi pariwisata atau kerjasama pembelian komoditas unggulan dari masing masing daerah,” ujarnya. 

Hendy juga menjelaskan, terkait upaya sinergi yang dilakukan. Sudah ia terapkan, dan selalu digaungkan lewat jargonnya yakni sinergi, kolaborasi, dan akselerasi.

Yang saat ini salah satunya, katanya, Pemerintah Kabupaten Jember saat ini melakukan kerjasama dengan Pemprov DKI, terkait penyediaan komoditas hasil pertanian dan perkebunan.

β€œSesuai dengan semangat Bapak Presiden Joko Widodo, di masa pandemi ini yang paling prioritas untuk dilakukan adalah gotong royong. Tidak bisa berpikir egosentris untuk masing-masing daerah saja jika skala pencapaiannya adalah nasional,” bebernya. 

Ke depan ia berharap Jember bisa menjalin kerjasama dengan sejumlah daerah lain dalam berbagai hal. 

"Sinergi dan kolaborasi yang kami tangkap untuk Jember, yang saat ini berproses dan disepakati, soal kerjasama pemenuhan komoditas pertanian dengan DKI Jakarta. Ya semoga ke depan ada langkah-langkah konkret lainnya yang segera menyusul demi Jember dan kota lain tentunya," tutupnya.

Sebagai informasi Rakernas APAKSI XIII ini sengaja diselenggarakan di Nusa Dua, Bali atas instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Tujuannya dengan penyelenggaraan Rakernas APAKSI XIII ini bakal menggerakkan pemulihan ekonomi Pulau Bali untuk saat ini dan selanjutnya.

Rakernas XIII APKASI tahun 2021 ini sendiri mengambil tema 'Tantangan dan Harapan Dalam Membangun Ekonomi Daerah di Masa Pandemi Covid-19'. Tampak hadir di kegiatan ini sejumlah menteri Indonesia Maju jilid II, mulai Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekaraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Diberi Amanah Baru Jadi Korwil APAKSI Jatim, Bupati Jember : Bangun Sinergi Antar Kepala Daerah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT