Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro Canangkan Asuransi Bagi Petani, ini Syaratnya

profile
Mustakim

22 Maret 2021 19:16

123 dilihat
Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro Canangkan Asuransi Bagi Petani, ini Syaratnya
Lahan Pertanian Desa Sembung saat Paska Panen.

BOJONEGORO,- Setelah disahkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mencanangkan asuransi bagi para petani.

Helmi Elisabeth Kepala dinas Pertanian Bojonegoro mengatakan, hal tersebut untuk menjaga terjadi kerugian petani yang dirugikan bencana Alam maupun Hama Puso, untuk lahan pertanian yang di Asuransikan sekitar ada 30 ribu hektar sampai 40 ribu hektar di tahun 2021 ini.

“Asuransi ini untuk perseorangan (Petani) yang secara teknis nanti didampingi oleh Petugas lapangan dan kelompok tani , tiap hektarnya untuk Polis asuransi seharga 36.000 rupiah dan untuk 2021 nanti ada sekitar 30 ribu hektar yang di ikutkan untuk program petani mandiri, demi menjaga produktifitas petani Bojonegoro dan juga bagian dari Program Petani Mandiri,” ucapnya. Senin, (22/03/2021).

Dikatakannya, untuk Asuransi terhadap petani tersebut Dinas pertanian tetap bekerja sama dengan PT Jasindo karena Hal tersebut juga dari ketetapan pusat. Karena PT Jasindo adalah Vendor yang tidak lain Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang Sepesialis menangani asuransi di bidang pertanian.

Menurutnya, asuransi tersebut adalah perseorangan dan bagi petani yang sudah masuk di Kelompok tani yang sudah mempunyai Kartu Petani Mandiri.

“Yang sudah terdata dengan kelompok tani maka dengan petugas Jasindo dan Petugas Pertanian Lapangan (PPL) akan membantu melakukan Input data bagi kelompok tani untuk memasukan anggotanya yang sudah mendapat Kartu petani Mandiri ke dalam Aplikasi Siap yang sudah disediakan oleh PT Jasindo, beserta Dinas Pertanian Bojonegoro,” paparnya.

Ia berharap, dengan program ini dapat memberikan perlindungan terhadap resiko ketidak pastian dengan menjamin petani mendapatkan modal kerja untuk berusaha tani dari klaim asuransi.

"Nanti petani  yang ikut kelompok tani yang sudah mendapat kartu Petani mandiri nanti kita ikutkan AUTP kan Kartu Petani Mandiri (KPM) kan masih lanjut, nanti Pihak Jasindo serta PPL serta kelompok tani nanti akan kita ajari untuk Input di aplikasi SIAP," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro Canangkan Asuransi Bagi Petani, ini Syaratnya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT