Minggu, 23 Januari 2022
Hukum

Dinilai Sarat Kepentingan, Warga Tanjung Pademawu Pamekasan Tuntut BPD Dirombak

profile
Faisol

22 Juni 2021 11:21

198 dilihat
Dinilai Sarat Kepentingan, Warga Tanjung Pademawu Pamekasan Tuntut BPD Dirombak

PAMEKASAN - Tokoh dan pemuda Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat, Selasa (22/6/2021).

Dalam aksinya, mereka meminta Kepala DPMD Pamekasan Ach Faisol menggugurkan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tanjung.

Mereka menilai pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Tanjung, pada 3 Juni 2021, oleh Camat Pademawu Ahmad Farid, sarat kepentingan.

"Rombak dan bentuk ulang P2KD Tanjung dengan membatalkan SK (Surat Keputusan) P2KD karena telah cacat prosedur hukumnya," kata pemuda Desa Tanjung, Moh Rohim.

Menurutnya, P2KD yang dilantik telah melabrak peraturan tahap pembentukan P2KD yang tertuang dalam Draf Peraturan Bupati No 1 tahun 2019 Pasal 1 poin 13.

Sebab, tanggal 1 Juni 2021 kemaren, BPD mengadakan rapat P2KD. Akan tetapi, sebelum adanya rapat Ketua BPD mengambil langkah dengan menyebar undangan terlebih dahulu sebelum rapat bersama anggota BPD.

"Maka dari itu, kami juga menuntut pecat Ketua BPD Tanjung karena sudah menciderai demokrasi," ujarnya.

Selan itu, Rohim juga meminta Pilkades Tanjung ditunda. "Dengan mempertimbangkan asas keadilan, yakni luber, jurdil, transparan dan akuntabel serta meminimalisir akan semakin meluasnya konflik di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat Desa Tanjung," pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, massa aksi terus menyuarakan aspirasinya sembari mendesak Kepala DPMD Pamekasan keluar menemui massa aksi.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinilai Sarat Kepentingan, Warga Tanjung Pademawu Pamekasan Tuntut BPD Dirombak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT