Rabu, 26 Januari 2022
Kesehatan

Dinkes Gresik Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

profile
Fitrotin

19 Februari 2021 09:11

53 dilihat
Dinkes Gresik Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen
Proses donor plasma konvalesen (Dinkes Gresik / istimewa)

GRESIK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik mengajak penyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen. Donor darah ini diperuntukkan supaya pasien – pasien Covid-19 di Kabupaten Gresik bisa segera pulih.

Kepala Dinkes Kabupaten Gresik drg. Saifudin Ghozali mengajak penyintas Covid-19 untuk mendonorkan darah plasma konvalesen melalui PMI Kabupaten Gresik atau rumah – rumah sakit lainnya yang dapat menerima. Supaya pasien – pasien Covid-19 yang masih terkonfirmasi positif bisa segera dipulihkan menggunakan donor darah plasma konvalesen tersebut.

"Plasma konvalesen ini merupakan plasma darah yang diambil dari pasien yang pernah terpapar Covid-19 dan telah sembuh,kemudian diproses diberikan kepada pasien Covid-19 yang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi,” ungkap Saifuddin, pada Jumat pagi (19/2/2021).

Ia menerangkan, fungsi plasma konvalesen dapat mengurangi infeksi, memperbaiki keadaan klinis dan menurunkan risiko mortalitas pada pasien. Lalu disebutnya, selain pendonor telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Disebutkan juga syarat di antaranya berusia 18-60 tahun, dan diutamakan laki-laki.

"Ketika pendonornya perempuan, maka perempuan yang belum pernah melahirkan dan tidak mempunyai penyakit bawaan yang menular" paparnya.

Kemudian dijelaskan juga alur pendonorannya mulai dari melakukan koordinasi dengan puskesmas terkait pelaporan penyintas Covid-19. Kemudian data calon pendonor plasma konvalesen dikoordinir.

Data tersebut selanjutnya akan diteruskan ke UDD PMI atau UTD-RS yang mampu untuk melakukan produksi plasma konvalesen, pengambilan darah pada penyintas, plasma darah dipisahkan dari sel darah merah dengan mesin khusus.

"Plasma darah  dimasukan kedalam tubuh pasien Covid-19 yang masih dalam pemulihan, lalu melakukan tahap terapi plasma konvalesen akan dinyatakan efektif jika diterapkan dengan baik dan benar," tukasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinkes Gresik Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT