Selasa, 18 Januari 2022
Hukum

Dinsos Kota Batu Akomodir Balita N Korban Kekerasan Calon Ayah Tirinya

profile
Doi

28 Oktober 2021 13:52

1.9k dilihat
Dinsos Kota Batu Akomodir Balita N Korban Kekerasan Calon Ayah Tirinya
Dinsos Kota Batu dampingi balita N korban kekerasan calon ayah tirinya. (Suara Jatim Post)

KOTA BATU – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu bantu balita N (2,5) korban kekerasan oleh calon ayah tirinya, mulai dari pengurusan nomor induk kependudukan (NIK) agar bisa tercover BPJS hingga assessment psikologis.

Kepala Dinsos Kota Batu Ririk Masyhuri menyatakan pihaknya melalui Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) saat ini tengah melakukan assessment kepada balita N dan C (19) ibu kandungnya.

"Kami bersama dengan Polres Batu dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengakomodir segala sesuatu yang perlu dilakukan atas korban," jelas dia.

Proses penyembuhan kesehatan korbna, lanjut Ririk, diawali dengan pengupayaan NIK korban agar bisa tercover BPJS Kesehatan.

"Kemarin (Senin 25 Oktober 2021, red) kami telah melakukan visit ke RS Hasta Brata. Dari hasil pantauan kami, paling perlu dilakukan adalah pengupayaan BPJS untuk perawatan selanjutnya," imbuh Ririk.

Sementara itu, ia menambahkan jika assessment psikologis saat ini dilakukan tidak hanya untuk balita N, namun juga kepada ibu kandungnya yakni C.

"Trauma juga dialami ibunya, maka kami juga akan melakukan trauma healing kepada yang bersangkutan," jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Satuan Resort Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Batu Iptu Yusi Purwanto mengambil sikap tegas kepada terduga pelaku W (25) yang saat ini sudah meringkuk di tahanan titipan Polres Batu.

"Terduga pelaku W ini kami jerat dengan Pasal 44 UU RI nomor 23 Tahun 2004 atau Pasal 80 UU RI 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Pelaku diancam hukuman 3 tahun penjara," tegas Yusssi.

Yussi mengatakan, motif W melakukan tindakan kekerasan ini disebabkan karena beban ekonomi dan rasa tidak siap menafkahi calon keluarga barunya.

"Sementara ini terduga pelaku kerap merasa kesal saat N ini rewel, alasan utamanya karena ia sudah capek bekerja sebagai kuli bangunan dan faktor ekonomi," tandasnya. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinsos Kota Batu Akomodir Balita N Korban Kekerasan Calon Ayah Tirinya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT