Kamis, 27 Januari 2022
Pemerintahan

Disdukcapil Kabupaten Malang Punya Program Desa Ku Tuntas, ini Manfaatnya

profile
Senopati

08 Februari 2021 19:45

116 dilihat
Disdukcapil Kabupaten Malang Punya Program Desa Ku Tuntas, ini Manfaatnya
Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang Sirath Aziez.

MALANG - Untuk lebih mendekatkan pelayanan pada masyarakat khususnya di Desa, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Malang akan segera melaksanakan program "Desa Ku Tuntas".

Menurut Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Aziez Shirath, pelayanan "Desa Ku Tuntas" adalah sebuah layanan berbasis online yang bertujuan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan layanan data kependudukan.

"Jadi nantinya pelayanan ada di Desa masing-masing, namun saat ini kita mendata Desa mana yang siap melaksanakan layanan "Desa Ku Tuntas" ini," kata Sirath saat di temui awak media, Senin Siang (8/2)

Adapun layanan yang nanti bisa di akses di Desa adalah permohonan pencetakan KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian, surat pindah, KTP elektronik dan Kartu Induk Anak.

"Dari 387 Desa yang siap melaksanakan layanan "Desa Ku Tuntas" baru ada  43 Desa yang akan di jadikan percontohan dulu karena telah mempunyai Kader Adminduk Desa," jelas Sirath.  

Sebelum peluncuran layanan tersebut, DispendukCapil akan berkoordinasi dengan seluruh Kantor Kecamatan biar tidak terjadi tumpang tindih data kependudukan.

"Pihaknya akan berkoordinasi dulu dengan pihak Kecamatan, agar nantinya tidak terjadi tumpang tindih data kependudukan, sebelum kewenangan di limpahkan ke Desa masing masing," terang Sirath.

Sirath menambahkan, nanti petugas Desa yang akan menjadi Kader Adminduk akan di lakukan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan Adminduk.

"Petugas Desa yang di tunjuk menjadi KaderAdminduk, akan di lakukan pelatihan dan di singkronkan antara Desa dan Kecamatan," tambahnya.

Sirath berharap, Program Pelayanan Berbasis Desa menjadi solusi bagi masyarakat dalam mengurus Adminduk.

"Ke depan tidak ada lagi keluhan dari masyarakat terutama di Desa terkait Adminduk, karena pelayanan Adminduk sudah ada di Desa tersebut," tambah Sirath.

Selain itu, Kader Desa yang mengurus Adminduk juga harus bisa mencetak, tidak hanya mengurusi pengajuan saja.

"Nantinya Kader Desa sudah bisa mencetak data Adminduk di Desanya, tidak harus pergi ke Kecamatan dan Kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang," tutup Sirath.(nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Disdukcapil Kabupaten Malang Punya Program Desa Ku Tuntas, ini Manfaatnya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT