Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Dishub dan Polisi Simulasi Penutupan Arus Lalin di Batu Jelang Malam Tahun Baru

profile
Admin

26 Desember 2020 15:05

167 dilihat
Dishub dan Polisi Simulasi Penutupan Arus Lalin di Batu Jelang Malam Tahun Baru
Rekayasa Lalin di Kota Batu jelang malam tahun baru

BATU β€” Berlangsung selama tiga jam, sejak pukul 08.00 - 11.00 WIB, simulasi rekayasa lalulintas dilakukan Polres Batu dan Dinas Perhubungan (Dishub) guna persiapan sterilisasi area Alun - Alun Kota Batu, menutup delapan jalur yang menuju alun-alun hingga Balai Kota Among Tani, Sabtu (26/12/2020).

Jalan yang ditutup diantaranya Jalan Gajahmada, Jalan Kartini, Jalan Sudiro, Jalan Agus Salim, Jalan Diponegoro, Jalan Kawi, Jalan Panderman dan Jalan Semeru.

Beberapa jalan yang awalnya dua jalur, diubah menjadi satu jalur seperti Jalan Wr Supratman hanya bisa dilewati kendaraan dari arah Jalam Diponegoro (Timur menuju Barat) dan Jalan Ahmad Yani hanya bisa dilewati kendaraan dari arah Selatan menuju Utara.

Begitu juga dengan kendaraan dari arah Barat semuanya dilewatkan jalan Panglima Sudirman. Kendaraan yang hendak menuju Kota Malang dilewatkan Simpang 3 Bendo – Desa Giripurno dan keluar di Karangploso, Kabupaten Malang.


Sementara sebagian Jalan Suropati di dekat TMP ditutup untuk kendaraan yang hendak menuju ke Museum Angkut. Kendaraan dari arah Pesanggrahan yang hendak menuju ke Museum Angkut, harus memutar melalui Jalan Semeru.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Batu Imam Suryono mengatakan, simulasi ini akan diterapkan pada Kamis 31 Desember pukul 12.00 WIB sampai Jumat 1 Januari pukul 01.00 WIB.

"Teknisnya, pengendara harus melewati jalan memutar melalui Jalan WR Supratman, Jalan Brantas, Jalan Bromo, Jalan Kelud, dan Jalan Arjuno," kata Imam. 

Sementara untuk sepanjang jalan Panglima Sudirman, nantinya akan dijadikan satu lajur saja dari arah barat menuju ke timur. β€œKarena nanti akan ada PKL pindahan dari Alun-alun serta PKL dari warga sekitar,” imbuhnya.

Imam menambahkan, keramaian di alun-alun Kota Batu dipastikan tidak akan terjadi tahun ini. "Biasanya di Masjid An-Nur setiap malam pergantian tahun kan selalu ada pengajian, dengan hormat tahun ini dalam kondisi pandemi terpaksa ditiadakan," kata mantan Plt Kadisparta Kota Batu ini.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Batu, AKP Mala Darlius Kurniawan mengatakan, Satlantas Polres Batu tetap melakukan rekayasa arus lalu lintas di jalan akses menuju ke Alun-Alun Kota Batu meski SE Wali Kota telah menyatakan penutupan alun-alun Batu.

"Tadi sudah kita lakukan uji coba rekayasa arus lalu lintas seperti skema pengalihan arus lalu lintas saat malam pergantian tahun nanti," jelasnya.

Ditambahkan Darlius, saat malam tahun baru nanti ada beberapa kantong parkir yang disiapkan Agra tisak menghambat kelancaran lalu lintas.

"Nanti pengalihannya kita arahkan ke Deduwa Oleh-Oleh di Jl Diponegoro, Brawijaya Oleh Oleh di Jalan Diponegoro, Jalan Brantas, Jalan PB Sudirman, Jalan Sultan Hasan Halim, Balai Kota Among Tani, Perum Panorama dan Eks Wastra Indah," tandasnya. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dishub dan Polisi Simulasi Penutupan Arus Lalin di Batu Jelang Malam Tahun Baru

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT