Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

Dispendukcapil Sidoarjo Bantah Sertifikat Vaksinasi Syarat Wajib Pembuatan e-KTP

profile
Krisna

12 Agustus 2021 13:47

2k dilihat
Dispendukcapil Sidoarjo Bantah Sertifikat Vaksinasi Syarat Wajib Pembuatan e-KTP
Ilustrasi e-KTP. Foto : Media Indonesia.

SIDOARJO - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo menegaskan bahwa dalam pengurusan E-KTP, warga Sidoarjo tidak perlu menunjukkan bukti telah melakukan vaksinasi Covid-19.

"Itu tidak benar, kami tidak mewajibkan," Ujarnya saat dikonfirmasi suarajatimpost.com melalui sambungan telfon . Kamis (12/8/2021).

Reddy juga menegaskan bahwa pengurusan dokumen apapun di Dispendukcapil tidak harus menggunakan sertifikat vaksin.

"Tidak harus menggunakan sertifikat vaksin karena untuk anak-anak usia 12 tahun sudah diperbolehkan mengikuti vaksinasi, mereka juga belum diwajibkan membuat E-KTP," imbuhnya.

Hal ini juga di tegaskan oleh Zudan Arif Fakhrullah, Dirjen Dukcapil Kemdagri. Melalui video yang diunggah oleh akun resmi media sosial Dispendukcapil Sidoarjo, Senin (9/8), Zudan Arif Fakhrullah, Dirjen Dukcapil Kemdagri menegaskan sertifikat vaksin bukan syarat untuk membuat KTP Elektronik.

โ€œUntuk membuat dokumen kependudukan, membuat KTP Elektronik, tidak memerlukan sertifikat vaksin. Ini perlu saya tegaskan, dan bagi masyarakat yang belum memiliki KTP Elektronik, bisa membawa Kartu Keluarga atau KIA (Kartu Identitas Anak) untuk mengikuti program vaksinasi. Sebab, di dalam Kartu Keluarga dan KIA telah tercantum NIK yang bersangkutan.โ€ ujarnya dalam video tersebut.

Reddy berharap agar seluruh masyarakat Sidoarjo yang sudah berusia 17 tahun agar segera mengurus e-KTP saat pelayanan perekaman di Kecamatan dan Dispendukcapil sudah dibuka kembali nantinya.

"Harapan saya untuk seluruh masyarakat Sidoarjo yang belum memiliki e-KTP untuk segera mengurus. Namun saat ini kita belum membuka layanan perekaman E-KTP karena masih PPKM insyaAllah kalau ada arahan dari pusat untuk membuka layanan kami akan segera membuka pelayanan kembali bersama dengan seluruh kecamatan di Sidoarjo," Ujarnya. (Tam)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dispendukcapil Sidoarjo Bantah Sertifikat Vaksinasi Syarat Wajib Pembuatan e-KTP

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT