Sabtu, 29 Januari 2022
Ekonomi

DPC Repdem Kota Batu Nilai Pemkot Sembrono Terkait Relokasi Pasar

profile
Doi

26 Desember 2021 22:21

432 dilihat
DPC Repdem Kota Batu Nilai Pemkot Sembrono Terkait Relokasi Pasar
DPC Repdem angkat suara terkait proses relokasi Pasar Batu yang dinilai kecerobohan Pemkot Batu. (Suara Jatim Post)

KOTA BATU – Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kota Batu angkat bicara terkait proses relokasi Pasar Batu yang dinilai tidak pro rakyat dengan sikap sembrono.

Dikatakan Ketua DPC Repdem Kota Batu, M Syahrul Huda, belum siapnya lokasi relokasi dengan berbagai persoalan yang dikeluhkan pedagang, namun pelaksanaan relokasi dipaksakan, dinilai adalah tindakan sembrono.

"Besaran anggaran relokasi sebanyak Rp 4,7 miliar dari APBN lewat Perpres 80 tahun 2019 itu, digunakan membangun sejumlah 1.500 stan, masih mengcover sejumlah 1.136 stan yang memiliki SK, dan masih banyak yang belum dapat stan pengganti,” kata mantan jurnalis ini.

Bukan hanya pedagang yang memiliki SK saja, lanjut Syahrul, namun masyarakat kecil yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan sebagai pedagang kaki lima (PKL) hendaknya juga mendapatkan perhatian.

"Bu Dewanti seharusnya paham tentang perlindungan hukum bagi PKL, terdapat pada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, undang-undang nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan undang-undang nomor 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil," sesalnya.

Syahrul mengingatkan Pemkot Batu, bahwa konstitusi menjamin hak-hak untuk memilih pekerjaan sesuai UUD 1945 Pasal 27 Ayat 2 yang menyebutkan, setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemerintah wajib menumbuhkan iklim usaha dalam aspek perlindungan.

Meski Repdem adalah organisasi sayap dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, dirinya tidak segan memberikan kritik kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko merupakan kader dari partai berlogo banteng tersebut.

"Kami sebagai organ intelektual partai sebagai organisasi, pantang untuk tebang pilih. Sebab kami bertekad terus membumikan ajaran Bung Karno, salah satunya adalah melindungi kaum marhaen (masyarakat kalangan bawah, red)," tandasnya. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPC Repdem Kota Batu Nilai Pemkot Sembrono Terkait Relokasi Pasar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT