Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

DPRD Kota Batu Desak Dewanti Bentuk Tim Investigasi Independen Khusus SPI

profile
Doi

23 November 2021 19:04

208 dilihat
DPRD Kota Batu Desak Dewanti Bentuk Tim Investigasi Independen Khusus SPI
Anggota Komisi C DPRD Kota Batu Didik Mahmud desak Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bentuk tim investigasi independen untuk kasus SPI. (Suara Jatim Post)

KOTA BATU – Belum jelasnya penindakan hukum terhadap tersangka JE kasus dugaan pelecehan seksual, kekerasan fisik dan eksploitasi di SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu, memantik reaksi DPRD Kota Batu desak Wali Kota Dewanti Rumpoko bentuk tim investigasi independen khusus pengawasan kasus tersebut.

Dalam agenda hearing Komisi A dan C DPRD Kota Batu, dihadapan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu MD Furqon dan audien dari Pemuda Pancasila Kota Batu, Repdem Malang Raya, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Komnas Kota Batu dan Komisi Nasional Perlindungan Anak dan Perempuan (Komnas PA) Jawa Timur, anggota Komisi C Didik Mahmud mendesak Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko untuk membentuk tim investigasi independen khusus SPI.

Setelah mendengarkan pemaparan dari semua peserta diskusi, berdasarkan perkembangan kasus dugaan pelecehan seksual, kekerasan fisik dan eksploitasi ekonomi di SPI, Didik Mahmud menganggap perlunya dibentuk tim investigasi khusus ini.

"Tolong disampaikan kepada Ibu Wali Kota, agar segera membentuk tim independen dengan SK wali kota sekaligus kewenangan yang diberikan kepada tim ini nantinya," kata Didik ditujukan Kepada Kepala DP3AP2KB Kota Batu.

Didik beranggapan jika kasus SPI ini terus ditangani oleh perorangan atau kelompok diluar kewenangan, dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan mendatang.

"Kalau kerja kita mengawal kasus ini secara tim dan terstruktur berdasarkan SK resmi dari Wali Kota Batu, kinerja bisa lebih cepat dan aman," tegas dia.

Lebih lanjut, pihaknya dari Komisi A dan C DPRD Kota Batu siap berdiskusi langsung dengan Dewanti jika petunjuk pembentukan tim investigasi independen khusus SPI ini kurang dipahami Wali Kota Batu.

"Kalau Bu wali kota kurang jelas, tolong undang kami komisi A dan C ke lantai 5 (ruang kerja Wali Kota Batu, red) siap kami diskusikan," paparnya.

Terkait nasib siswa SPI yang terlibat sebagai saksi dan korban, pihaknya meminta jaminan agar Pemkot Batu memastikan ijazah siswa bisa dikeluarkan sebagaimana mestinya.

"Pemkot Batu harus mengundang secara resmi pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk melakukan asesmen atas kasus ini dan menjamin hak siswa, termasuk ijazah," kata politisi Partai Golkar ini.

Tidak berhenti sampai disitu, Didik juga berharap dengan adanya penanganan khusus oleh tim investigasi independen khusus ini akan mempermudah kinerja Polda Jawa Timur.

"Polres Batu ini hanya bisa melakukan telaah staf kepada Polda karena faktor hirarki kepolisian saja. Namun jika gerakan tim investigasi independen khusus SPI ini bergerak, jelas akan memudahkan langkah Polda Jatim dalam penegakan hukum," pungkasnya. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Kota Batu Desak Dewanti Bentuk Tim Investigasi Independen Khusus SPI

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT