Kamis, 27 Januari 2022
Pemerintahan

DPRD Revisi Raperda yang Mengatur Toko Modern di Banyuwangi

profile
Avirista

26 Januari 2021 21:23

27 dilihat
DPRD Revisi Raperda yang Mengatur Toko Modern di Banyuwangi
Rapat pembahasan Raperda di DPRD Banyuwangi

BANYUWANGI- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang tergabung dalam Pansus I Raperda, tengah mengkaji dan merevisi terkait Raperda inisiatif tentang ketertiban umum. Raperda itu lebih spesifik berisi tentang  penataan dan pengelolaan pasar modern di Banyuwangi.

Hal itu dilakukan untuk menyikapi perihal menjamurnya pasar modern di Kabupaten Banyuwangi. Sehingga keberadaan pasar atau toko tradisional yang ada di seluruh Banyuwangi perlu perlindungan.

Ketua Pansus I DPRD Banyuwangi, Ficky Septalinda mengatakan, pembahasan raperda ini sudah melalui revisi ketiga kalinya. Pihaknya mengakui jika tidak bisa terburu-buru dalam menyelesaikan aturan ini dan membutuhkan waktu yang cukup.

Pihaknya berharap, dengan waktu dan pengkajian yang matang, raperda inisiatif yang mengatur pasar modern itu bisa secepatnya selesai dan terasa manfaatnya untuk masyarakat lokal.

"Kita butuh waktu dan belum bisa ditentukan hari ini selesai. Masih perlu waktu membahas raperda ini agar lebih mantap," ungkap Ficky usai rapat Pansus di Ruang Rapat Komisi I DPRD setempat, Selasa (26/1/2021).

Dia menyebut, dalam aturan yang sedang dibahas saat ini, nantinya jam operasional pasar modern akan diatur. Selain itu pihaknya tidak akan mengeluarkan izin untuk toko modern yang berjejaring.

Termasuk jarak antara pasar tradisional dan modern juga diatur. Serta pasar modern diwajibkan untuk memberikan ruang untuk penjualan hasil produk lokal yang ada di Banyuwangi.

"Jadi diwajibkan untuk memberikan ruang berapa berapa persen dari toko yang ada itu. Harapan kita ini untuk mengangkat produk-produk lokal yang ada di Banyuwangi," jelasnya.

Ficky menambahkan, pihaknya sendiri yang nantinya menentukan produk lokal apa saja yang bisa dijual di pasar modern tersebut. Termasuk juga untuk UMKM.

"Kita yang akan menentukan ruang untuk UMKM dan semua produk lokal yang ada di Banyuwangi. Kita tuangkan dalam aturan," tegasnya. WAN

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Revisi Raperda yang Mengatur Toko Modern di Banyuwangi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT