Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

DPRD Sampang Pertanyakan Proses Pilkades Serentak yang Bakal Digelar

profile
CAK

31 Mei 2021 21:45

295 dilihat
DPRD Sampang Pertanyakan Proses Pilkades Serentak yang Bakal Digelar
Rapat dengar pendapat DPRD Sampang dengan Kadis DPMD Sampang

SAMPANG - Komisi I DPRD Sampang mempertanyakan pelaksanaan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Hal ini terlihat saat rapat antara DPRD Sampang dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sampang di Gedung DPRD Kabupaten Sampang, pada Senin (31/5/2021).

Sekretaris Komisi I DPRD Sampang Aulia Rahman menaruh rasa curiga terkait perubahan naskah peraturan bupati (Perbup) yang telah disepakati bersama. Sebab ada sebanyak 111 kepala desa yang masa jabatannya berakhir pada 17 Desember 2021 mendatang. Maka dari itu, pihaknya memanggil DPMD Kabupaten Sampang untuk meminta penjelasan tentang kepastian dari dinas terkait dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021. Selain itu, pihaknya juga meminta kejelasan terkait perbub yang sudah diserahkan pada biro hukum Pemprov Jatim.

"Tapi saya optimis pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sampang digelar tahun ini. Mengingatkan sebanyak 111 kepala desa ini akan berakhir masa jabatannya pada 17 Desember 2021 mendatang. Namun, Pemkab masih belum menetapkan jadwal tahapan pelaksanaan Pilkades," ucap Aulia kepada awak media seusai rapat dengan DPMD Sampang.

Menurutnya, berkaca pada pelaksanaan Pilkades  serentak di daerah lain di Pulau Madura yang tidak ditemukan kendala, seharusnya di Kabupaten Sampang pun juga demikian. "Kabupaten lain di Madura ini bisa melaksanakan, mengapa Kabupaten Sampang tidak bisa, dan saya optimis Pilkades serentak di Kabupaten Sampang digelar tahun ini," ucap Aulia kepada suarajatimpost.

Aulia menambahkan keberhasilan pelaksanaan Pilkades serentak ini menjadi bagian dari tolak ukur Bupati Sampang Slamet Junaidi. "Karena terlaksananya atau tidak Pilkades serentak di Kabupaten Sampang, ini merupakan tolak ukur Bupati Sampang," kata dia.

Sementara itu, Plt Kadis DPMD Kabupaten Sampang Chalilurrahman mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sampang masih belum bisa dipastikan. Sebab bayak yang harus dipersiapkan, termasuk soal dana yang telah dianggar pemerintah daerah Rp 15,5 miliar. Akan tetapi, adanya surat edaran dari Mendagri bahwa, hak pilih yang bisa dilayani di satu TPS sebanyak 500 hak pilih. Jika hal itu diterapkan, maka tentunya ada penambahan jumlah TPS di setiap desa.

"Maka dari itu kami belum bisa pastikan apakah Pilkades serentak bisa digelar tahun ini atau tidak, karena perlu tahapan-tahapan yang harus disiap. Dalam pelaksanaan Pilkades serentak dengan 111 desa nanti banyak hal-hal yang perlu kita bahas, seperti Prokes, keamanan, dan biayanya cukup besar, dan anggaran yang akan dibutuhkan sekitar Rp 40 miliar," jelasnya.

Pihaknya kini masih menunggu keputusan dan kebijakan dari bupatiterkiat proses pelaksanaan Pilkades serentak. "Semuanya  itu akan menunggu keputusan serta kebijakan pimpinan, untuk sementara sekarang masih proses kajian serta melengkapi apa yang perlu disiapkan," tutupnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Sampang Pertanyakan Proses Pilkades Serentak yang Bakal Digelar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT