Sabtu, 29 Januari 2022
Pemerintahan

DPRD Setujui Usulan Pemkab Malang Terkait Raperda APBD 2021

profile
Admin

23 November 2020 21:55

120 dilihat
DPRD Setujui Usulan Pemkab Malang Terkait Raperda APBD 2021
DPRD saat menandatangani Raperda APBD 2021 yang dibahas dengan Pemkab Malang

MALANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang menyampaikan laporan hasil pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD tahun 2021. Hal ini disampaikan saat DPRD bersama Pemkab Malang melakukan rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang, pada Senin (23/11/2020).

Dalam rapat paripurna kali ini diawali mengenai pandangan umum fraksi - fraksi DPRD kemudian dilanjutkan dengan pembahasan antara badan anggaran DPRD melalui Juru Bicara DPRD Kabupaten Malang Amarta Faza, dengan tim anggaran Pemkab Malang.

“Melalui indikator kinerja utama dan indikator kinerja daerah beserta targetnya, dengan tema pembangunan dalam RKPD Kabupaten Malang tahun 2022, adalah mewujudkan Kabupaten Malang yang sejahtera, berdaya saing melalui pengembangan pembangunan ekonomi daerah sektor pariwisata serta kualitas daya dukung lingkungan hidup,” kata Amarta Faza.

Dari indikator tersebut lanjutnta, dijabarkan lima prioritas pembangunan. Pertama peningkatan kualitas SDM melalui pelayanan pendidikan, kesehatan dan penanganan masalah kesejahteraan sosial. Ke dua, peningkatan pembangunan infrastruktur. Ke tiga, peningkatan tata kelola pemerintahan dan kualitas pelayanan publik.

“Ke empat, peningkatan nilai tambah ekonomi dan ke lima, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan mitigasi bencana,” tambahnya.

Sementara Penjabat sementara (Pjs) Bupati Malang, Sjaichul Ghulam menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, ia menerima dan menyetujui Raperda tentang APBD tahun anggaran 2021 dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

"Terima kasih kepada segenap Pimpinan dan Anggota Dewan, atas dukungan kerjasama dan kepercayaannya dalam melaksanakan tahapan penyusunan APBD 2021," ucap Ghulam.

Masih menurut Pjs Bupati Malang, dari hasil pembahasan itu, maka diputuskan RAPBD 2021 sebesar Rp 3,896 triliun. Pendapatan transfer dialokasikan sebesar Rp 2,977 triliun serta belanja daerah dianggarkan Rp 4,200 triliun. 

“Dengan adanya strategi kebijakan fiskal yang akan dijalankan pemerintah daerah, APBD 2021 diharapkan semakin produktif, efisien dan berdaya tahan dalam mendukung pencapaian sasaran pembangunan 2021,” tukasnya. (Adv) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Setujui Usulan Pemkab Malang Terkait Raperda APBD 2021

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT