Sabtu, 29 Januari 2022
Peristiwa Daerah

DPRD Sidoarjo Soroti Langkah Penanganan Angka Pengangguran

profile
Krisna

24 September 2021 20:51

2.3k dilihat
DPRD Sidoarjo Soroti Langkah Penanganan Angka Pengangguran
Pelatihan usaha dan ketrampilan yang diadakan Disnaker Sidoarjo

SIDOARJO - Tingginya angka pengangguran di Sidoarjo membuat dinas terkait perlu mencarikan solusi. Tak cukup dengan hanya menggelar pelatihan keterampilan di setiap kecamatan, tanpa dilakukan pendampingan yang serius.

Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Dhamroni Chudlori mengatakan, apa yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sidoarjo dengan melakukan pelatihan di setiap kecamatan masih belum maksimal dalam mengurangi jumlah pengangguram di Kota Delta. Apalagi dari data yang ada, angka pengangguran mencapai 10,97 persen dari keseluruhan angkatan kerja. Angka tersebut menjadi yang tertinggi di Jawa Timur.

“Harusnya, pasca mengikuti pelatihan para peserta ini diberikan bantuan modal dan dilakukan pendampingan sampai benar-benar bisa mandiri,” katanya saat dikonfirmasi di kantornya, Jumat (24/9/2021).

Menurut legislator PKB itu, selama ini setiap kegiatan pelatihan keterampilan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan dinas terkait, ia mencontohkan kalau Disnaker yang mengadakan pelatihan keterampilan, maka dinas yang lain bisa menyiapkan bantuan permodalan.

“Tapi kenyataanya, banyak dinas yang jalan sendiri-sendiri, tidak ada kolaborasi untuk menyukseskan program yang menjadi visi misi dari Bupati Sidoarjo,” tegasnya.

Tekait dengan bantuan modal usaha, sebenarnya sudah ada program Kurda dengan bunga 3 persen per-tahun, hanya saja salah satu syaratnya harus memiliki usaha terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan program tersebut.

Dhamroni Chudlori mendorong pemerintah daerah untuk menyiapkan program bantuan modal usaha bagi masyarakat pemula. Utamanya bagi mereka yang telah mengikuti program pelatihan keterampilan.

“Berikan mereka modal dan dinas terkait melakukan pendampingan hingga bisa mandiri. Kalau yang kurda itu hanya untuk mereka yang sudah memiliki usaha. Jadi program pelatihan ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan outputnya juga jelas,” pungkasnya. (Tam)

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Sidoarjo Soroti Langkah Penanganan Angka Pengangguran

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT