Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Dramatis, Sapi 800 Kg Dievakuasi dari Sumur Tua di Jember

profile
Rochul

09 Juli 2021 20:00

37 dilihat
Dramatis, Sapi 800 Kg Dievakuasi dari Sumur Tua di Jember
Sapi Saat dievakuasi petugas Damkar dan warga sekitar.

JEMBER - Warga Kalisat Jember dihebohkan dengan seekor sapi yang terjatuh ke sumur tua tak jauh dari kandangnya. Sapi jenis limosin dengan berat kurang lebih 800 kilogram milik Romli, warga Dusun Kali Kembang, Desa Glagahwero, Kecamatan Kalisat, Salto di sumur tua saat sedang makan rumput, pada Jumat siang (9/7/2021). 

Sapi tersebut terperosok ke dalam lubang sumur tua sedalam 12 meter dengan lebar 1,5 meter. Penyelamatan dramatis pun terjadi saat tim pemadam kebakaran dibantu warga mengevakuasi sapi dari dalam sumur tua tersebut. 

Menurut Danru A Pos Damkar Kalisat Saiful Bahri, sapi itu tersangkut di tengah sumur tua pada kedalaman 3 meter, karena ukuran badannya yang terlalu besar.

"Saat itu sapi milik Pak Romli sedang diangon (dilepas liarkan dengan diawasi) untuk makan rumput di sekitaran pekarangan. Kemudian tidak tahu kenapa sapi itu lari dan terperosok masuk ke dalam sumur tua. Beruntung tidak sampai terlalu dalam, karena ukuran badannya yang besar dan sapi itu dalam kondisi bunting," kata Saiful, Jumat (9/7/2021) petang.

Saat berada di dalam sumur, kata Saiful, sapi itu dalam posisi meringkuk dan tersangkut di tengah sumur.

"Di kedalaman kurang lebih 3 meteran. Sedangkan isi airnya kurang lebih kedalaman 8 meteran. Ada di tengah-tengah gitu sapinya kejepit. Kemudian kami dibantu warga ditarik menggunakan tali tampar agar naik ke permukaan," jelasnya.

Proses menarik sapi dari dalam sumur ke permukaan butuh waktu 1,5 jam. Karena sapi tersebut bergerak-gerak dan ketakutan. 

Warga berusaha mengevakuasi sapi limosin

 

"Mungkin karena takut, kita dibantu warga untuk menarik keluar. Karena truk damkar tidak bisa masuk ke dalam lokasi, jalanannya setapak dan tidak bisa truk masuk," jelasnya.

Setelah berjuang hampir setengah jam lebih, sapi malang ini bisa dievakuasi dalam kondisi selamat. 

"Akhirnya sapi itu bisa keluar. Alhamdulillah selamat dan masih hidup. Tapi kondisinya lemas, mungkin karena terlalu lama di dalam sumur. Karena sebelum kita datang, katanya sudah hampir satu jam di dalam sumur," pungkasnya.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dramatis, Sapi 800 Kg Dievakuasi dari Sumur Tua di Jember

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT