Sabtu, 29 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Dramatisnya Proses Evakuasi Sarang Tawon di Jember

profile
Rochul

28 April 2021 22:08

57 dilihat
Dramatisnya Proses Evakuasi Sarang Tawon di Jember
Proses evakuasi tawon vespa di Jember

JEMBER - Sarang tawon vespa di sebuah pohon kelengkeng dievakuasi petugas pemadam kebakaran (Damkar) Mako B Jember. Proses evakuasi sarang tawon di Jalan HM. Yamin di Perumahan Kodam V Brawijaya BA 3, Lingkungan Karang Miuwo, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, berlangsung pada Rabu (28/4/2021) malam.

Diketahui saat akan dievakuasi, sarang tawon itu berukuran besar kurang lebih sebesar Galon Air Mineral, yakni panjang 50 sentimeter dan diameter lebar 30 sentimeter. 

Namun karena saat dievakuasi sarang tawon itu runtuh dan banyak tawon yang berjatuhan. Terpaksa dalam proses evakuasi, petugas damkar membakar sarang tawon tersebut.

"Malam ke 15 Ramadan ini, kami dapat panggilan mengevakuasi sarang tawon di wilayah perkebunan rumah warga. Saat proses evakuasi (sarang tawon) tidak ada kendala," ucap Koordinator Lapangan Anggota Damkar Mako B Sony Ari Wicaksono saat dikonfirmasi di lokasi.

Ditambahkannya, proses evakuasi berjalan alot, lantaran tawon vespa ini cukup ganas dengan ketinggian sarang di pohon kurang lebih lima meter, sempat menyulitkan petugas Damkar. 

"Karena lokasi berada di atas pepohonan dengan ketinggian kurang lebih 5 meter. Proses mengevakuasi sarang tawon harus ekstra hati-hati. Karena salah seorang rekan kami harus memanjat tangga dengan posisi vertikal. Yang tumpuan di bawahnya dipegangi 4 anggota damkar lainnya," katanya. 

Untuk rencana evakuasi, kata pria yang akrab dipanggil Sony ini, awalnya sarang tawon akan ditutup bagian lubang-lubangnya dengan kapas yang sebelumnya dibasahi dengan BBM Pertalite.

"Agar tawonnya mati di dalam  sarangnya, lubang keluar masuk tawon kita tutup pakai kapas yang sudah dibasahi dengan (BBM) pertalite. Tapi kamu harus hati-hati karena tawon ini sensitif saat diganggu," ungkapnya. 

Namun karena sarangnya rapuh, kata Sony, saat ditutupi kapas, bagian bawahnya runtuh dan ambrol.

"Jatuhnya bersamaan dengan larva dan tawon yang ada di dalam. Akhirnya kita bakar yang jatuh itu, tapi tidak terlalu aktif mungkin sudah mabuk setelah diberi pertalite. Selanjutnya sisanya (sarang tawon) di atas pohon kita bakar juga. Tapi hanya untuk memanaskan sarangnya agar tawon-tawon di dalamnya mati juga," bebernya. 

Untuk proses evakuasi, kata Sony, salah satu rekannya menggunakan pakaian tahan api. Ditambah pelindung kepala, helm pengaman untuk kegiatan rafting.
 

Prosesi evakuasi sarang tawon vespa di Jember

"Ya seadanya, karena memang perlengkapan (APD) kami jauh dari kata lengkap. Banyak yang kurang. Tapi demi kemanusiaan, ya bismillah kita bertugas dengan baik," katanya.

Terpisah pemilik rumah Thoriq mengatakan, sarang tawon tersebut ada sejak sebulan belakangan di komplek perkebunan dekat rumahnya. Dirinya menganggap sarang tawon vespa dianggap meresahkan warga. Selain karena banyaknya aktivitas masyarakat di lokasi dan beberapa pembantunya yang juga kerap membersihkan perkebunan sekitar. 

"Awalnya sarang tawonnya kecil, lama-lama dibiarkan tambah besar. Dan waktu itu sempat menyengat pak kebun yang sedang bersih-bersih," ucap Thoriq.

"Karena tidak ada yang berani mengambil sarang tawonnya, akhirnya saya meminta tolong Petugas Damkar untuk membantu mengevakuasi sarang tawon yang besar ini," tukasnya.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dramatisnya Proses Evakuasi Sarang Tawon di Jember

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT