Rabu, 26 Januari 2022
Kriminal

Dua Kotak Amal Masjid Al Istiqomah Jember Digondol Maling

profile
Rochul

25 Januari 2021 16:14

68 dilihat
Dua Kotak Amal Masjid Al Istiqomah Jember Digondol Maling
Tampak maling membobol Masjid Al Istiqomah di Perum Bumi ST Muktisari, Kelurahan Tegal Besar.

JEMBER - Sebanyak dua kotak amal Masjid Al Istiqomah di Perum Bumi ST Muktisari, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, dibobol maling, Minggu (24/1/2021) malam. 

Kejadian itu terekam kamera CCTV masjid dan diketahui terjadi sekitar pukul 11 malam.

Dua kotak amal yang terbuat dari bahan kaca itu sudah dalam kondisi tercongkel rusak pada bagian gemboknya. 

Pencuri dalam melakukan aksinya seorang diri dan ironis nya kejadian itu terekam video CCTV masjid.

Diketahui untuk masuk ke dalam ruangan masjid, pelaku mencongkel 3 pintu yang berada di masjid yang berada di komplek perumahan itu.

"Maling kotak amal ini masuk ruangan masjid dengan mencongkel pintu, yang ada di sebelah utara masjid, bagian tengah, dan bagian selatan," kata Wakil Ketua Takmir Masjid Al Istiqomah Panijo saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Senin (25/1/2021) siang.

Panijo mengatakan, pertama kali aksi pencurian itu diketahuinya, saat akan melaksanakan Salat Subuh berjamaah.

"Saat di masjid, jemaah masjid gaduh. Karena mengetahui pintu masjid sudah dalam kondisi rusak dan tercongkel. Kemudian saat di pintu tengah, didapati dua kotak amal dari kaca sudah dalam posisi rusak gemboknya, dan uangnya hanya tersisa recehan," ujar pria yang juga purnawirawan anggota polisi ini.

Karena menduga uang dalam kotak amal itu dicuri, takmir masjid mengecek dari rekaman video CCTV. Dari rekaman video itu, diketahui aksi pencurian tersebut. Juga terekam wajah pelaku saat melakukan aksinya.

"Kejadian pencurian ini kedua kalinya, dulu belum ada CCTV, mencuri dengan mencongkel jendela masjid sekitar awal tahun 2020. Nah sekarang kita pasang (kamera) CCTV sebulan yang lalu, terekam video pelakunya itu, dalam melakukan aksinya dan juga wajah pelaku," katanya.

Dari rekaman kamera CCTV itu, kata Panijo, pelaku sempat dikenali wajahnya. Karena saat awal masuk masjid tidak menggunakan penutup wajah.

Tapi diketahui dari rekaman video CCTV masjid. Pelaku sempat menutupi wajahnya dengan baju yang dipakai. Saat menyadari aksi pencurian yang dilakukan terekam kamera CCTV di dalam masjid.

"Karena dari video CCTV, pelaku menyadari ada kamera CCTV, dan kemudian sembunyi di balik pintu. Kemudian membuka baju yang dipakai untuk menutupi wajahnya," jelasnya.

"Tapi karena sebelumnya sudah ketahuan, ya dapat dikenali wajahnya," lanjut Panijo.

Mengetahui aksi pencurian itu, Resmob Kota 1 Polres Jember dipimpin langsung KBO Reskrim Polres Jember Iptu Solekhan Arif langsung menuju TKP dan melakukan penyelidikan.

Berbekal rekaman CCTV, wajah pelaku diidentifikasi untuk langsung dilakukan penangkapan. Dari informasi yang dihimpun polisi, pelaku dapat dikenali dan diketahui tempat tinggalnya.

Polisi pun langsung melakukan pengejaran.

"Kalau melihat wajahnya, maling ini kayaknya  warga kampung sebelah perumahan. Tapi kami tidak berani memastikan langsung, selanjutnya anggota polisi yang menyelidiki," kata Panijo.

"Uang yang hilang kurang lebih Rp 2,5 juta. Karena biasanya rata-rata pendapatan dari amal masjid kurang lebih segitu. Yang penghitungannya dilakukan tiap Jumat pagi seminggu sekali," sambungnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dua Kotak Amal Masjid Al Istiqomah Jember Digondol Maling

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT