Sabtu, 29 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Dua Rumah Warga Situbondo Rusak Diterjang Longsor

profile
Admin

06 Januari 2021 19:11

509 dilihat
Dua Rumah Warga Situbondo Rusak Diterjang Longsor
Tanah longsor menerjang rumah di Situbondo

SITUBONDO - Dua rumah warga di Desa Semambung, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo, rusak diterjang longsor. Kedua rumah tersebut mengalami kerusakan di bagian dapurnya akibat tertimpa longsoran tanah dan batu dari tebing didekat rumahnya.

Peristiwa itu bermula, saat hujan deras dengan intensitas tinggi disertai angin kencang terjadi di wilayah tersebut pada hari Selasa, (5/1/2021) sekitar pukul 17.00 WIB, yang mengakibatkan dua dapur rumah warga tertimpa longsoran batu bercampur tanah dari tebimg dekat rumah warga.

Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo Puriyono mengatakan, sebelum bencana alam ini terjadi, hujan deras dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut disertai angin kencang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri setelah mendengar suara gemuruh dari dekat rumahnya.

"Korban berhasil menyelamatkan diri keluar rumah, setelah mendengar suara gemuruh dari dekat rumahnya. Sesampai diluar rumah, korban terkejut setelah melihat dapur rumahnya tertimpa longsoran batu campur tanah dari tebing itu," kata Puriyono, Rabu (6/1/2021) siang. 

Dua rumah tersebut milik Samsul (46) dan Asma (70) warga Dusun Semambung Utara, mengalami rusak berat akibat tertimpa longsoran batu campur tanah dari tebing di dekat rumah korban. 

"Total kerugian kerusakan dua rumah akibat bencana alam tersebut, ditaksir mencapai Rp 10 juta," terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya bersama petugas dari Forkopimka dan pemerintah desa setempat segera turun ke lokasi kejadian, untuk melakukan pembersihan puing puing rumah serta material longsoran, didalam maupun diluar dapur rumah warga tersebut. 

"Anggota BPBD bersama Polsek, Koramil, pemerintah setempat dan dibantu warga sekitar, berjibaku membersihkan longsoran material yang menimpa kedua rumah warga. Penyebab batu campur tanah longsor ini, diduga tekstur tanah yang gembur akibat intensitas hujan yang tinggi," pungkas Puriyono.  (Sarwo Edi)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dua Rumah Warga Situbondo Rusak Diterjang Longsor

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT