Jumat, 28 Januari 2022
Pendidikan

FKIK UIN Maliki Malang Adakan Ujian OSCE Secara Luring

profile
Krisda

25 Mei 2021 21:04

82 dilihat
FKIK UIN Maliki Malang Adakan Ujian OSCE Secara Luring

MALANG - Ujian keterampilan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) bagi mahasiswa Program Studi Kedokteran (Prodi Kedokteran), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Malang dilaksanakan secara luring mulai Senin (24/05/21) yang berlangsung selama 4 minggu, dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dekan FKIK UIN Malang Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P.W, M.Kes, Sp.Rad(K) menyebut, ujian OSCE ini sudah berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri terkait pembelajaran luring yang harus seizin orang tua. Ia mengaku bersyukur orang tua mahasiswa angkatan 2017 sampai 2020 semua mengizinkan kegiatan luring.

"Alhamdulillah ini orang tua mengijinkan, mulai dari angakatan 2020 sampai dengan 2017 mengijinkan semuanya," ungkapnya.

Prof Yuyun juga menjelaskan bahwa menjadi dokter tidak bisa terus menerus belajar via online, karena mahasiswa atau calon dokter harus bisa menggunakan alat dengan baik dan benar.

"Menjadi dokter itu tidak bisa daring terus, tapi harus luring. Jadi itulah kenapa kami mengadakan ujian saat ini dengan prokes apalagi ujiannya sekarang berkenaan dengan skill jadi harus dengan alat dan cara yang benar," ujarnya.

Sementara itu dr. Ana Rahmawati, M.Biomed., selaku Ketua Prodi Pendidikan Dokter UIN Maliki Malang menyebutkan, ujian keterampilan klinik yang diujikan ada bermacam-macam mulai dari teknik menyuntik, pemeriksaan jantung, pemeriksaan tensi tubuh dan berbagai macam keterampilan lainnya di bidang kedokteran.

"Sebelumnya waktu sesi terbimbing mereka menggunakan alat-alat yang ada di rumah seperti jarum suntiknya bisa pakai pensil. Tapi kalau sekarang mereka menggunakan alat yang sebenarnya," ungkap Ana Rahmawati.

Ana juga menjelaskan, ujian OSCE ini diadakan selama 4 minggu, minggu pertama angkatan 2020, minggu kedua angkatan 2017, minggu ketiga angkatan 2019 dan minggu keempat untuk angakat 2018.

"Terdapat dua sesi pada kegiatan OSCE yaitu sesi mandiri pada Senin sama Rabu dan sesi ujian pada Selasa sama Kamis. Semoga mahasiswa betul-betul bisa memanfaatkan ini untuk melatih keterampilan klinisnya dan mudah mudahan berhasil semua waktu ujian OSCE," pungkas Ketua Prodi Pendidikan Dokter UIN Maliki Malang.

Tags
Anda Sedang Membaca:

FKIK UIN Maliki Malang Adakan Ujian OSCE Secara Luring

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT