Minggu, 23 Januari 2022
Advetorial

Gandeng PKK, Pemkab Mojokerto Lakukan Percepatan Vaksinasi

profile
Andy

06 Oktober 2021 19:37

69 dilihat
Gandeng PKK, Pemkab Mojokerto Lakukan Percepatan Vaksinasi
Bupati Mojokerto, dr Ikfina Fahmawati bersama Ketua TP PKK Shofiya Hanak Albarraa

MOJOKERTO - Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Mojokerto terus digeber. Guna percepatan vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto juga menggandeng Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melakukan sosialiasi yang masif untuk penanganan Covid-19, melalui program vaksinasi.

“Saya minta tolong agar Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, bisa turut membantu menyukseskan percepatan vaksinasi pencegahan Covid-19 di wilayah masing-masing. Ada target yang harus dikejar dan kita wujudkan. Maka dari itu, saya mohon kerjasamanya untuk bisa membantu pemerintah dalam penanggulangan pandemi,” ucap Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, pada Rabu (6/10/2021).

Meski anggaran serba terbatas karena adanya refocusing dan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19, bupati mendorong agar program TP PKK tetap berjalan secara maksimal.

“Saat ini banyak pengeluaran yang harus difokuskan untuk penanggulangan Covid-19. Namun saya ingin ini tidak jadi halangan bagi jalannya program pokok PKK. Saya yakin semua bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” tambah Bupati Mojokerto.

Selain itu, bupati juga menginfromasikan bahwa Pemerintah Pusat, akan mengadakan rakernas secara rutin, untuk penyeragaman sistem dan program berjalan lancar hingga bidang terkecil. Pada peraturan yang dikeluarkan Mendagri tentang Ketahanan Ekonomi, mengharapkan ada kerjasama dari bidang apapun termasuk TP PKK untuk membantu usaha pemulihan ekonomi Pemerintah Daerah.

"Di samping itu, ada beberapa penekanan yang juga disebut agar dilakukan ke depannya. Antara lain implementasi revolusi mental terutama pada anak-anak usia dini, hingga kepedulian terhadap lingkungan hidup. Maka dari itu, edukasi pada semua bidang dari lapisan terkecil, harus dijalankan dengan baik," terangnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Shofiya Hanak Albarraa dalam sambutannya menyampaikan, PKK harus tetap bekerja sesuai dengan visi dan misi dari PKK Kabupaten Mojokerto itu, PKK harus tetap hadir dan memberikan kontribusi yang dibutuhkan oleh masyarakat, Meskipun anggaran PKK minim, disamping melakukan kegiatan PKK lewat daring, namun pengurus PKK harus tetap selalu melangkah dengan memberikan kontribusi  ditengah tengah masyarakat luas. 

"Ditengah pandemi ini, kegiatan PKK tidak harus bertatap muka . Namun ada hal hal  yang perlu diprioritaskan untuk pencapaian tertentu yaitu peduli dan membantu sesama," ungkap Ning Hana, sapaan Ketua TP PKK yang juga istri dari Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Albarraa.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam Peringatan Maulud Nabi Muhammad ini, sebagai anggota PKK harus dapat mencontoh dari berbagai pengamalan pengamalan dari Nabi Muhammad yang diutus oleh Allah SWT, yaitu sangat peduli dan berbuat baik kepada sesama. 

"Untuk itu, ditengah pandemi ini, PKK harus dapat berkarya memberikan kontribusi besar kepada masyarakat yang membutuhkan," jelas Ning Hana saat rapat pleno dan Peringatan maulud Nabi Muhammad, Rabu (6/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Ning Hana juga memberikan aptesiasi dengan menyerahan kepada pemenang lomba palaksana terbaik 10 program pokok PKK Tahun 2021. 

"10 (sepuluh) program pokok PKK  saat pandemi ini diharapkan menjadi titik tolak bagi pengurus PKK Kabupaten Mojokerto yang baru dikukuhkan bupati, untuk  dapat berkarya dan bekerja secara nyata turun ke tengah masyarakat untuk terlibat langsung dalam meringankan beban warga terdampak. Kita juga selalu menghimbau kepada para anggota PKK dan masyarakat luas untuk selalu taati protokol kesehatan," 

Harapan Ning Hana, hendaknya TP PKK tidak lagi bersifat seremonial, harus berupa kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas.  Gerakan PKK yang pro rakyat dapat sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga yang artinya keluarga sebagai unit terkecil masyarakat mendapat pemberdayaan yang fokus pada potensi pada kebutuhannya yang secara langsung nantinya dapat menggetok tularkan kemampuan pada lingkungan sekitar tempat tinggal kemudian memberi manfaat bagi banyak pihak.

Hingga tanggal 4 Oktober pukul 18.00 WIB, capaian vaksinasi di kabupaten Mojokerto untuk dosis pertama sebanyak 57,06 persen, sedangkan dosis kedua mencapai 17,68% dan dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) mencapai angka 82,94%.

Pelantikan Pengurus TP PKK Kabupaten Mojokerto

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, mengukuhkan 47 orang pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mojokerto periode 2021-2026, Rabu (6/10) di Pendapa Graha Majatama. Pengukuhan juga telah sesuai dengan dasar SK Bupati Mojokerto Nomor 188.45/219/HK/416-012/2021.

Sebagai informasi, susunan kepengurusan TP PKK periode 2021-2026 di antaranya adalah Shofiya Hanak Albarraa sebagai Ketua TP PKK, Widia Chusnul Yakin sebagai Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Sri Bambang Eko sebagai Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga, Siti Asiah Zaini sebagai Ketua III Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga, Suhartono sebagai Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan, Junis Herjanti sebagai sekretaris I, Rokhmatul Ummah sebagai sekretaris II, Umy Noerhono sebagai bendahara I dan Dian Rosalina ditunjuk sebagai ketua II.

Turur hadir dalam pengukuhan ini Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Mojokerto dan para Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto. (Adv)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gandeng PKK, Pemkab Mojokerto Lakukan Percepatan Vaksinasi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT