Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Kepanikan Warga Jember Saat Diguncang Gempa Berkekuatan M 5

profile
Rochul

16 Desember 2021 12:25

112 dilihat
Kepanikan Warga Jember Saat Diguncang Gempa Berkekuatan M 5
Kondisi rumah yang terdampak gempa

JEMBER -  Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,1 kembali guncang Kabupaten Jember Kamis (16/12/2021) pagi sekitar pukul 06.02 WIB.

Pusat gempa yang berada di laut 42 km barat daya Kabupaten Jember dengan kedalaman 10 kilometer ini tidak berpotensi tsunami. Namun peristiwa ini membuat warga di Kabupaten Jember kalang kabut.

Belum diketahui dampak dari gempa ini, namun beredar foto dan video terlihat gempa tersebut mengakibatkan beberapa rumah warga di Desa Sumberjo, Ambulu Jember, mengalami kerusakan berat dan ringan hingga berjumlah puluhan.

Bahkan ada salah rumah warga yang atapnya hancur, beberapa rumah juga mengalami keretakan, serta ada warga yang mengalami luka karena tertimpa atap yang jatuh dan ada rumah yang ambruk Dikecamatan Puger.

Warga Sumberrejo Didik membenarkan, gempa cukup terasa di wilayahnya. Gempa terasa kencang, dan membuat sejumlah rumah rusak. 

“Iya mas, itu di Sumberejo Ambulu, akibat dari gempa tadi pagi, tidak ada korban jiwa, beberapa rumah mengalami kerusakan berat dan ringan, dan satu warga yang terluka ringan di kakinya karena kejatuhan  genteng,” kata Didik.

Sementara Sugeng, warga yang tinggal di pesisir Pantai Paseban Kecamatan Kencong mengatakan, bahwa dirinya merasakan sangat kuat getaran gempa yang terjadi, sampai dirinya harus lari keluar rumah.

“Getarannya sangat kuat meski hanya beberapa detik, dibandingkan gempa yang terjadi pada dua hari lalu, lebih terasa sekarang,” ujar Sugeng.

Belum ada keterangan resmi dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember terkait dampak gempa pada Kamis pagi.

Namun dari informasi yang didapatkan, gempa dengan kekuatan 5,1 Magnitudo tidak hanya dirasakan di Kabupaten Jember, tapi beberapa daerah juga merasakan, diantaranya Bali, Banyuwangi, Malang, Lumajang dan Bondowoso. 

Namun hingga siang ini, pihak TRC,(tanggal reaksi cepat) BPDB Jember melakukan assessment menyeluruh dampak dari gempa pagi tadi.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kepanikan Warga Jember Saat Diguncang Gempa Berkekuatan M 5

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT