Kamis, 27 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Gempa 5,3 Terasa di Jember,  Laporan Kerusakan Belum Ada

profile
Rochul

22 Oktober 2021 11:21

54 dilihat
Gempa 5,3 Terasa di Jember,  Laporan Kerusakan Belum Ada

JEMBER - Guncangan gempa bermagnitudo 5,3 Skala Richter (SR) berpusat di 78 km Barat Daya Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tepatnya 8,84 Lintang Selatan (LS), 112,51 Bujur Timur (BT), pada kedalaman 33 Km.

Guncangan gempa itu terjadi sekitar pukul 09.21 WIB, Jumat (22/10/2021).

Untuk wilayah Jember, guncangan gempa itu ikut dirasakan warga. Khususnya wilayah selatan, yaitu Kecamatan kencong, Puger dan Ambulu.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik Penta Satria, terkait guncangan gempa yang terjadi di Wilayah Kabupaten Malang itu. Juga terasa hingga ke Kabupaten Jember.

"Sehingga kami dari Pusdalops melakukan upaya rollcall ke rekan-rekan relawan bencana di seluruh Jember untuk memantau dampak dari gempa tersebut. Untuk wilayah yang terasa paling banyak dirasakam di wilayah pesisir selatan," kata Penta.

Penta mengatakan, belum ada laporan kerusakan dari dampak gempa tersebut.

"Kalau dari BMKG, gempa ini terjadi dua kali, pertama kali pukul 09.21 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,3 SR, kemudian sekitar pukul 09.38 dengan kekuatan 4,8 SR. Tapi wilayahnya beda, yang susulan di wilayah Gunung Kidul. Masih dalam wilayah pesisir selatan Pulau Jawa," ulasnya.

Namun demikian, kata Penta, pihaknya menghimbau masyarakat untuk tidak percaya info hoaks. 

"Karena hingga saat ini dari BMKG, masih terus memantau dari gempa ini. Jangan percaya hoax, karena kalau ada info terbaru pasti disampaikan. Juga kami dari Pusdalops BPBD Jember terus memantau kondisi dari adanya gempa ini. Tetap waspada juga bagi masyarakat, khawatir jika ada gempa-gempa susulan," tuturnya.

Terkait dampak gempa di wilayah Jember. Salah seorang warga di wilayah Desa Paseban, Kecamatan Kencong Alam mengaku merasakan guncangan gempa yang terjadi sekitar 10 detik itu.

"Lindu, lindu,(gempa, gempa, ada gempa)," kata salah seorang warga Irulah," ungkapnya.

Menurutnya gempa itu terjadi beberapa detik saja. "Tidak lama, tapi lumayan keras (guncangannya). Tadi banyak warga keluar dari rumah," terangnya.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gempa 5,3 Terasa di Jember,  Laporan Kerusakan Belum Ada

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT