Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Gempa M 5 Guncang Jember, BPBD : Puluhan Rumah di Lima Kecamatan Rusak

profile
Rochul

16 Desember 2021 23:27

15 dilihat
Gempa M 5 Guncang Jember, BPBD : Puluhan Rumah di Lima Kecamatan Rusak
Kondisi beberapa bangunan saat terjadi gempa bumi.

JEMBER - Gempa yang mengguncang Jember membuat sejumlah rumah rusak. Hal ini sebagaimana data yang didapatkan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember hingga Kamis sore.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Penta Satria mengatakan, gempa tersebut mengakibatkan puluhan rumah mengalami rusak. Selain itu juga menyebabkan atap plafon di Balai Desa Wonoasri ambruk. Berdasarkan data asesmen yang dilakukan TRC BPBD Jember sekitar pukul 12.45 WIB. Getaran gempa yang berlangsung selama kurang lebih 5-10 detik itu dirasakan di 5 kecamatan wilayah Kabupaten Jember, yakni Kecamatan Tempurejo, Ambulu, Wuluhan, Puger, dan Silo. 

"Dari pengumpulan data keterangan cepat kami, Ada 23 rumah rusak ringan, enam rumah rusak sedang, dan satu rumah rusak berat. Juga ada atap Balai Desa Wonoasri yang ambruk," kata Penta.

Namun pihaknya menyebut, data tersebut masih memungkinkan bertambah. Mengingat sejauh ini pendataan dan invetarisir kerusakan terus dilakukan oleh timnya di lapangan.

"Ini belum final karena kita masih melakukan pendataan. Kemudian untuk korban ada 3 orang luka ringan, dan sudah tertangani saat ini," katanya.

Untuk musibah gempa di wilayah Kabupaten Jember, lanjut Penta, BPBD Jember menghimbau masyarakat untuk tetap waspada.

"Karena terkait dampak gempa yang terjadi di Jember, BPBD Jember menghimbau masyarakat untuk tetap melakukan langkah antisipasi dan siaga. Pasalnya gempa di Jember sudah terjadi kedua kalinya. Dalam jangka waktu yang berdekatan dan juga jarak titik lokasi gempa yang juga semakin dekat di sekitar daratan," jelasnya.

Sementara itu l, Bupati Jember Hendy Siswanto tampak melakukan pemantauan langsung ke lokasi terdampak gempa, memberikan bantuan logistik, Bupati Hendy, meninjau langsung rumah dan warga yang terdampak gempa.

"Untuk dampak gempa yang terjadi di Jember, kebanyakan di wilayah pesisir. Baik itu disekitar Pantai Watu Ulo, Kecamatan Ambulu, dan Kecamatan Tempurejo," kata Bupati Hendy di tengah peninjauan ke lokasi gempa.

Hendy menambahkan, banyak warganya yang rumahnya rusak dan retak terutama di bagian dinding dan atap rumah. "Ada yang retakan rumah, dan atap rumah yang jatuh. Lokasi rumah terdampak hanya berjarak beberapa ratus meter dari bibir pantai," katanya.

"Kami menhimbau warga untuk tetap waspada, dan tetap siaga bencana. Seperti yang dilakukan warga di Kecamatan Ambulu tadi yang langsung menyelamatkan diri berlari ke perbukitan atau mencari tempat aman," pungkasnya.

Sebagai informasi Jember diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,1 yang diperbarui oleh BMKG menjadi magnitudo 5. Gempa ini terjadi pada Kamis pagi (16/12/2021) pukul 06.01 WIB. Titik pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer, di 8,55 Lintang Selatan (LS), 113,49 Bujur Timur (BT), dengan pusat gempa berjarak 42 km Barat Daya Kabupaten Jember.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gempa M 5 Guncang Jember, BPBD : Puluhan Rumah di Lima Kecamatan Rusak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT