Sabtu, 29 Januari 2022
Ekonomi

Gotong Royong Pemkab dan Warga Bangun Rumah Tak Layak Huni Milik Nenek Tunanetra di Pamekasan

profile
Faisol

12 Februari 2021 20:46

36 dilihat
Gotong Royong Pemkab dan Warga Bangun Rumah Tak Layak Huni Milik Nenek Tunanetra di Pamekasan
Gotong royong pemerintah dan warga bangun rumah tak layak huni

PAMEKASAN - Gerak cepat dilakukan pemerintah daerah dan relawan untuk membantu meringankan beban seorang anak yatim. Anak yatim bernama Ayu Dian Saputri ini sehari - hari tinggal di di Dusun Kalijati, Desa Samiran, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, di rumah yang tak layak huni. 

Pemerintah, relawan, dan warga desa setempat pun akhirnya bergotong royong membangun rumah anak berusia 8 tahun yang tinggal dengan neneknya Sawati, dengan kondisi tunanetra. 

Kondisi rumah Ayu sendiri sangat memprihatinkan, dengan atap dan dinding rumah yang terbuat dari anyaman bambu mulai keropos dimakan usia.

Guna memastikan kesuksesan pembangunan rumah berukuran 5x7 meter tersebut, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan bersama Kordinator PKH Pamekasan memantau langsung ke lokasi, pada Jumat (12/2/2021). 

Kepala Dinsos Pamekasan Moh Tarsun mengatakan, gotong royong akan terus dilakukan hingga rumah Ayu benar-benar bisa ditempati. Ia berupaya nenek Ayu, Sawati, akan dimasukkan ke program perlindungan lanjut usia (lansia) yang digagas Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

"Ia dikarenakan yang bersangkutan tinggal dengan anak yang masih di bawah umur dan belum produktif sehingga masuk ke program lansia," terangnya.

Sementara itu, Kordinator PKH Pamekasan Hanafi menyebut, hasil gotong royong masyarakat sekitar dan kepala desa setempat membuahkan hasil yang cukup maksimal. Sebab pembangunan rumah Ayu sudah mencapai 50 persen.

"Alhamdulillah berkat gotong royong rumah adek Ayu sudah mau selesai. Sudah mencapai 50%," kata Hanafi.

Nantinya pembangunan rumah Ayu dan neneknya akan kembali dilakukan sampai benar-benar jadi 100 persen dan layak huni. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gotong Royong Pemkab dan Warga Bangun Rumah Tak Layak Huni Milik Nenek Tunanetra di Pamekasan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT