Kamis, 27 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas, Wabup Lumajang : Kondisinya Saat Ini Sudah Aman

profile
Admin

17 Januari 2021 10:40

231 dilihat
Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas, Wabup Lumajang : Kondisinya Saat Ini Sudah Aman
Wagub Lumajang saat meninjau pos pengamatan Gunung Semeru (Humas Pemkab Lumajang / istimewa)

LUMAJANG - Masyarakat Kabupaten Lumajang diminta untuk tetap tenang dan waspada mengingat Gunung Semeru bukan meletus, namun hanya mengeluarkan asap yang keluar akibat lava panas.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Lumajang, Indah Amperawati ketika ada pemberitaan di media televisi dan ramai di media sosial, menerangkan kalau Gunung Semeru meletus.

"Tadi (Sabtu) malam saya bersama Kapolres dan Dandim 0821, sekira pukul 19.30 WIB, cek ke pos pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur," kata Indah melalui rilis yang diterima pada Minggu pagi (17/1/2021).

Bunda Indah yang datang ke pos pantau untuk mewakili Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq), yang sedang ada acara di Surabaya. "Memang sebelumnya saya mendengar dan membaca banyak pesan whatsapp, juga di medsos dan televisi yang mengabarkan erupsi Gunung Semeru meletus," ungkapnya.

Hal itu kata Bunda Indah bukanlah sebuah letusan tapi akibat daya gravitasi menyebabkan guguran awan panas. 

"Kondisi saat ini sudah aman. Lava panas masih ada sampai pagi ini dan nampak jelas saya lihat dari Curah Kobokan, tapi sudah berkurang dan itupun masih di atas sekitar 2 km dari puncak Semeru," papar politisi Partai Gerindra ini.

Dan semua itu, kata Bunda Indah, masih jauh dari pemukiman, sebagian penduduk berada di rumah, dan sebagian pergi ke rumah saudaranya, tapi tidak ada pengungsian.

"Hujan abu sangat tebal mulai sore, terbang mengikuti arah angin menuju Kecamatan Pasrujambe dan Senduro menuju Kabupaten Probolinggo. Pukul 23.00 WIB, tadi malam, kami masih berada di Loji Kecamatan Pasrujambe, sudah tidak ada lagi abu beterbangan, hanya tanaman dan jalan-jalan penuh abu," jelasnya lagi.

Berdasarkan laporan dari magma.esdm.go.id, oleh Mukdas Sofian, bahwa status Gunung Semeru masih dalam status Waspada II.

Erupsi skunder tentu masih membuat kita was was, karena tumpukan material yang meninggi diatas 50 meter, dimungkinkan menjadi lahar dingin kalau terjadi hujan dengan curah tinggi lebih dari 3 jam.

Masyarakat tetap dihimbau untuk tetap waspada dan dilarang beraktifitas 4 km dari arah bukaan kawah. BPBD dan relawan bencana tetap stand by di lokasi sampai beberapa hari, belum perlu dibuka posko karena masih aman. Namun semua peralatan, sarana prasarana, termasuk SDM dari Pemkab, BPBD, TNI, Polri, dan relawan siap setiap waktu.

Masyarakat diminta memakai masker agar abu tidak masuk ke paru dan mencegah Covid-19, tidak masuk melalui hidung dan mulut.

"Bencana alam terjadi dimana-mana dan pandemi Covid-19 masih tetap berlangsung, tidak mampu menolak ujian Allah tapi berdoalah, agar Allah memberikan kekuatan untuk menghadapinya," tandas Indah. (Fuad)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas, Wabup Lumajang : Kondisinya Saat Ini Sudah Aman

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT