Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Gunung Semeru Muntahkan Lava dan Awan Panas, PVMBG : Status Masih Waspada Level II

profile
Admin

01 Desember 2020 13:06

150 dilihat
Gunung Semeru Muntahkan Lava dan Awan Panas, PVMBG : Status Masih Waspada Level II
Awan panas Gunung Semeru dari pos pantau Gunung Sriti

MALANG - Awan panas dan lava kembali dimuntahkan Gunung Semeru. Luncuran awan panas dan lava ini tampak terpantau pos pengamatan PVMBG di Gunung Semeru pada Selasa dini hari (1/12/2020).

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, dari laporan pos pantai di Gunung Semeru tampak kawah memang mengeluarkan asap kawah bertekanan sedang berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 500 - 100 meter di atas puncak kawah.

"Teramati ada guguran lava dengan jarak luncurkan 1.000 meter mengarah ke tenggara," ucap Kasbani, saat dihubungi suarajatimpost.

Untuk lava pijar sendiri lanjut Kasbani, meluncur sebanyak enam kali dengan jarak luncur 1.000 - 1.5000 meter dari ujung lava ke arah Besuk Kobokan. "Untuk lava meluncur ke arah Besuk Kobokan jaraknya 1.000 - 1.500 meter," katanya.

Kasbani juga menjelaskan bahwa awan panas tampak terpantau kamera CCTV Pos Sriti yang keluar dari kawah puncak Gunung Semeru.

"Masyarakat kami minta tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 kilometer dan wilayah sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru Jongring Seloko, sebagai alur luncuran awan panas," terangnya.

"Kami minta mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jongring Seloko," imbuhnya.

Meski mengalami peningkatan aktivitas, Kasbani menyebut Gunung Semeru masih berada di waspada level II. Namun pihaknya masih akan mengevaluasi kembali status tersebut berdasarkan potensi vulkanis Gunung Semeru kembali.

"Masih level 2 waspada, sedang kami evaluasi, apakah masih ada potensi awan panas susulan yang jarak luncurnya melebihi remomendasi daerah perkiraan bahaya," tuturnya.

Sementara itu petugas PVMBG Pos Pengamatan Gunung Sawur Yadi Yuliandi mengakui bila terjadi peningkatan aktivitas vulkanis pada Selasa dini hari.

Yang pertama itu jam 01.23 WIB, yang kedua 01.45 WIB. Satu awan panas guguran yang satu awan panas letusan," tambahnya.

Menurutnya, guguran awan panas ini mengarah ke Sungai Curah Kobokan sejauh 11 kilometer dari puncak gunung. Namun Yadi menyebut bila guguran awan panas tersebut tidak sampai memasuki kompleks permukiman penduduk di Desa Supit Urang, Kecamatan Candipuro.

"Yang banyak itu pukul 01.45 - 04.33 WIB, sekitar 2 jam 48 menit, yang besar guguran. Bukan satu kali keluarnya, bertahap dorong lagi, dorong lagi, sampai 11 kilometer luncuran awan panasnya," bebernya.

Namun kondisi Gunung Semeru disebut Yadi, berangsur-angsur menurun saat Selasa baik dengan penurunan aktivitas vulkanik meski masih berada di status waspada level II.

"Aktivitas sekarang menurun sejak jam 05.30 WIB menurun," tutupnya. (Ris) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gunung Semeru Muntahkan Lava dan Awan Panas, PVMBG : Status Masih Waspada Level II

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT