Rabu, 26 Januari 2022
Komunitas

Hari Tani Nasional, Petani Pamekasan Rapatkan Barisan

profile
Admin

24 September 2020 21:34

183 dilihat
Hari Tani Nasional, Petani Pamekasan Rapatkan Barisan
ilustrasi hari tani nasional 2020

PAMEKASAN – Belasan petani Kabupaten Pamekasan merapatkan barisan di hari tani nasional 2020 yang jatuh pada Kamis (24/9/2020). Para petani ini berdiskusi membahas nasib pertaniannya ke depan.

 

Pertemuan itu merupakan momentum untuk konsolidasi secara emosional bagi para petani, bahwa pertanian menjadi penting bagi bangsa. Oleh sebab itu, kemajuan sebuah daerah khususnya Pamekasan sangat ditentukan oleh akselerasi pertanian yang mampu dioptimalkan lebih kuat lagi.

 

Dalam rangka mendukung sektor pertanian dan kepedulian terhadap petani, pertemuan yang difasilitasi Komunitas Monitoring dan Advokasi (KOMAD) menghidangkan makanan khas Madura yang berada di Bani Food Court, yakni nasi jagung dan sayur mayur.

 

"Sebagai simbol hasil panen petani yang harus dilestarikan dan dibudidayakan di bumi gerbang salam," kata Ketua KOMAD Zaini Wer-wer.

 

Dengan begitu, kata dia, dapat mengangkat harkat dan martabat para petani yang ada diberbagai pelosok desa di Kabupaten Pamekasan dan Indonesia pada umumnya.

 

"Kami berharap hasil pertanian dapat terangkat dan punya nilai jual. Sehingga besok kehidupan pertanian semakin produktif yang nantinya akan mendorong kesejahteraan petani," paparnya.

 

Selain daripada itu, pertemuan tersebut membahas kebijakan-kebijakan pemerintah daerah terhadap para petani.

 

"Sehingga bisa memberikan kepastian dan perlindungan hukum agar tercipta kesejahteraan bagi para petani berdasarkan UU No 19 thn 2013 tentang perlindungan petani," terangnya.

 

Ia berharap pemerintah dapat melahirkan Perda atau Perbub, seperti halnya Perda Pemprov Jatim no 5 thn 2015, tentang perlindungan dan pemberdayaan patani, sehingga hasil panen dari para petani punya nilai jual yang layak dan keadilan serta ber prikemanusian.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Hari Tani Nasional, Petani Pamekasan Rapatkan Barisan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT