Rabu, 26 Januari 2022
Pendidikan

Harlah ke-60, UIN Malang Gelar Lomba Qiro'atul Kutub

profile
Krisda

28 Oktober 2021 16:25

57 dilihat
Harlah ke-60, UIN Malang Gelar Lomba Qiro'atul Kutub
UIN Malang menggelar Lomba Qirtub memperingati Dies Natalis 60

KOTA MALANG - Universitas Islam Negeri (UIN) Malang menggelar Lomba Qiro'atul Kutub (Qirtub) dalam rangka Dies Natalis yang ke-60. Lomba ini dilakukan secara daring di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih merebak.

Lomba Qirtub tersebut dilakasanakan selama dua hari, pada Selasa hingga Rabu (26-27/10/21) bertempat di beberapa ruang perkuliahan Gedung B UIN Malang, sesuai kategori kitab yang dilombakan.

Lomba Qirtub yang pertama sukses dalam memeriahkan HUT UIN Malang karena antusiasme peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Sumetera dan daerah lainnya. 

Lomba yang berfokus kepada membaca kitab kuning ini terdiri dari tiga kategori sesuai dengan kitab yang dilombakan, yakni kitab Sulamut Taufiq, Fathul Mu’in dan Fathul Qorib. Namun sebagai salah satu syaratnya, yakni peserta yang dapat mengikuti lomba ini harus berusia maksimal 20 tahun.

Lomba Qirtub di UIN Malang 

Kriteria penilaian dalam lomba Qirtub kali ini mencakup harokat, I’rob, mufrodat dan kandungan. Salah satu juri lomba Qirtub ini, kategori lomba baca Kitab Fathul Qorib, yakni Dr. Abdul Aziz, M. Pd memberi kesan bahwa peserta yang ikut lomba ini beragam dan unik sekali karena peserta terbiasa mengartikan kitab kuning dengan Bahasa Jawa, jadi ada beberapa peserta bingung ketika disuruh mengartikan salah satu mufrodat ke dalam Bahasa Indonesia.

“Lomba Qiro'atul Kutub ini bagus untuk memberikan penghargaan kepada santri-santri yang mampu membaca kitab kuning dan juga menjadi media kepada pesantren yang berkaitan dengan membaca kitab kuning serta mengenalkan bahwa UIN Maliki mempunyai tekad untuk menjaga khazanah keilmuan pesantren,” ujarnya.

Kesuksesan lomba qirtub pada HUT UIN Maliki ini memberikan nilai positif tidak hanya kepada kampus UIN Maliki sendiri, tetapi juga kepada masyarakat luas, terutama para santri. Aziz berharap lomba ini bisa menjadi tradisi baru di kampus UIN Maliki.

“Lomba ini akan dilaksanakan di tahun-tahun selanjutnya agar dapat menjaga tradisi pesantren dan melatih para santri untuk membaca kitab kuning dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar,” pungkasnya. (adv)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Harlah ke-60, UIN Malang Gelar Lomba Qiro'atul Kutub

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT