Rabu, 19 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Pusat Perbelanjaan di Lumajang Akan Dibatasi Selama Perayaan Nataru

profile
desmegia

23 Desember 2021 19:42

33 dilihat
Pusat Perbelanjaan di Lumajang Akan Dibatasi Selama Perayaan Nataru
Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti

LUMAJANG - Polisi meminta masyarakat Lumajang tidak merayakan tahun baru yang menimbulkan kerumunan. Sebab perayaan tahun baru kali ini pandemi Covid-19 masih ada, apalagi kemunculan varian baru Omicron. 

Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno menyebut, pihaknya telah melakukan langkah - langkah untuk mengamankan natal dan tahun baru. 

“Perayaan, mungkin bisa dilakukan di rumah saja bersama keluarga. Sehingga, tidak menimbulkan kerumunan. Masyarakat juga tidak diperbolehkan untuk menggelar adanya suatu perayaan, baik yang sifatnya terbuka ataupun tertutup yang menimbulkan potensi kerumunan,” ujar Eka Yekti, Kamis (23/12/2021) siang.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengenai pembatasan pusat perbelanjaan, yang bakal diberlakukan menjelang nataru. Penggunaan aplikasi Peduli lindungi, bakal diberlakukan bagi masyarakat yang hendak bepergian ke tempat perbelanjaan. 

“Saya akan berkordinasi dengan Pak Bupati terkait pembatasan tempat perbelanjaan termasuk jika diperlukan jam operasionalnya kita akan batasi. Pengunjung, tidak boleh lebih dari 50 persen kapasitas tempat belanja tersebut. Peraturan yang sama, juga kita berlakukan pada tempat bioskop maupun restoran,” bebernya.

Selain di tempat perbelanjaan, pemberlakukan itu juga diterapkan di lokasi wisata. Tak tanggung-tanggung, untuk mencegah adanya kerumunan, pihak Kepolisian bersama instansi terkait juga bakal disebar di beberapa lokasi. 

“Setiap obyek wisata wajib menggunakan barcode aplikasi Peduli Lindungi, kami akan ikut kontrol itu, untuk memastikan jika protokol kesehatan berjalan, dan benar-benar dipatuhi oleh masyarakat. Kalau ada yang melanggar, pastinya ada sanksi, atau dilarang untuk masuk objek wisata” tegasnya.

Untuk membantu kelancaran dan demi terpeliharanya keamanan, AKBP Eka Yekti menjelaskan, pihak Polres Lumajang telah mendirikan Pos Pantau pengamanan Natal dan Tahun Baru dalam rangka operasi Lilin semeru 2021 di tiga tempat berbeda.

“Kami sediakan Pos Pantau di tiga tempat yakni, depan GM Plaza di Jalan Letkol Slamet Wardoyo Labruk Lor Lumajang, depan Pasar Baru Lumajang di Jalan PB. Sudirman Lumajang dan di simpang tiga tugu Candipuro Lumajang,” jelas Kapolres.

Selain membahas soal perayaan tahun baru, Kapolres menyebut pada perayaan Natal mendatang, terdapat beberapa hal yang nantinya wajib diberlakukan, termasuk membentuk adanya Satgas protokol kesehatan di setiap Gereja.

“Satuan tugas protokol kesehatan penanganan Covid itu, nanti berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Satgas protokol kesehatan penanganan Covid Daerah,” jelas Eka Yekti.

Pemberlakukan pembatasan pada jamaah, akan diberlakukan kepolisian bersama instansi terkait lainnya dalam upaya mencegah timbulnya klaster baru pandemi di Lumajang.

“Alangkah baiknya kalau dilakukan secara Hybrid, yaitu secara berjamaah di Gereja maksimal 50 persen kapasitas dari total Gereja, sedangkan 50 persen lainnya bisa mengikuti ibadah secara online, jangan lupa yang paling penting, laksanakan vaksin” pintanya. 

“Bagi jamaah yang ke Gereja, sebelum masuk ke Gereja harus di cek suhu tubuh. Jika suhu tubuh menunjukkan 37 celcius, dan mengidap sakit batuk, flu atau pilek, bahkan sesak nafas maka diperkenankan untuk mengikuti kegiatan ibadah secara online saja,” tukasnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pusat Perbelanjaan di Lumajang Akan Dibatasi Selama Perayaan Nataru

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT