Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Hujan Deras, Banjir Kepung Kota Lumajang Di Sejumlah Titik

profile
achmad fuad

28 Februari 2021 13:23

100 dilihat
Hujan Deras, Banjir Kepung Kota Lumajang Di Sejumlah Titik

LUMAJANG – Guyuran hujan tadi malam membuat sejumlah titik mengalami kebanjiran. Ini disebabkan adanya dua sungai besar membelah Kabupaten Lumajang ini meluap, yaitu sungai Bondoyudo dan sungai Asem.

Dari pantauan awak media, ketinggian debit air bisa mencapai 1 meter lebih. Bahkan sepeda motor terendam banjir tersebut. 

Menurut warga sekitar Sungai Bonduyudo Rizki luapan banjir menggenangi rumahnya. Padahal penuturannya tak pernah banjir setinggi ini. 

“Sungai di belakang Rumah Sakit Islam (RSI) sudah meninggi, takut banjir meluap ke rumah warga, sebelumnya sih tidak pernah seperti ini,” kata Rizki, warga setempat, kepada suarajatimpost pada Minggu (28/2/2021). 

Selain itu, di Jembatan Gambiran, air sungai juga akan mendekai jalan raya, ini menurut Rizki, banjir besar akan segera datang jika hujan tidak segera reda.

Arus lalulintas saja, dari pantauan awak media sempat mengalami kemacetan, yaitu di wilayah Lumajang – Jember lewat utara. Sebab, menurut warga sekitar, debit air sungai Bondoyudo meluap menutupi jalan raya.

“Ya persis di depan Balai Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, itu airnya sudah tinggi dan kendaraan tidak bisa melintasi,” beber Udin, warga setempat.

Selain itu, di kompleh perumahan Biting Indah, juga mengalami hal serupa. Sejumlah warga setempat mengungsi ke daerah yang lebih tinggi, akibat luapan air sungai Bondoyudo ini.

"Warga banyak yang mengungsi di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) mas, karena lokasinya lebih aman dan lebih tinggi," tambah Udin.

Hujan masih mengguyur dan diperkirakan air sungai masih belum surut. Petugas juga bersiaga mengantisipasi hal terburuk menimpa warga Lumajang. Pergerakan Regu C Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, sudah mengarah ke piket nol. Info yang diterima telah terjadi longsor dan pohon tumbang.

“Saya selaku korban terjebak longsor, alhamdulillah pihak BPBD Lumajang segera turun ke lokasi, agar masyarakat pengguna jalan yang akan melewati piket nol, bisa teratasi secepatnya, mengingat kondisi cuaca saat ini di piket nol, diguyur hujan yang sangat deras sekali,” ungkap Ketua DPC Peradi Perjuangan Kabupaten Lumajang, Suriyadi.

Sementara itu, DPD LSM LIRA Kabupaten Lumajang Angga Dhatu Nagara mengungkapkan, telah memberikan himbauan kepada warga Lumajang untuk tetap waspada. Karena saat ini Lumajang sedang terkena musibah, ada banjir, jembatan penghubung di Desa Sememu putus, longsor di piket nol dan kali Bondoyudo dan kali Asem meluap.

“Kami sudah kerahkan semua relawan LSM LIRA untuk ikut memantau situasi, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kita segara melakukan antisipasi dan bantuan secepatnya,” tukasnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Hujan Deras, Banjir Kepung Kota Lumajang Di Sejumlah Titik

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT