Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Hujan Deras, Kota Batu Bersiaga Hadapi Banjir

profile
Doi

23 November 2021 19:52

113 dilihat
Hujan Deras, Kota Batu Bersiaga Hadapi Banjir
Banjir yang terjadi di Kota Batu

KOTA BATU – Diguyur hujan lebat selama kurang lebih satu jam Kota Batu darurat banjir. Hal ini terjadi setelah efek hujan deras di hulu Sungai Paron di Kecamatan Bumiaji Kota Batu kembali meluapkan volume air meski tidak lagi memakan korban jiwa, Selasa (23/11/2021)

Meski volume air tidak terlalu tinggi, luberan air ke jalan masuk kawasan pemukiman warga membawa material kayu, dan sampah.

Video yang beredar luas di media sosial, menunjukkan beberapa kawasan yang mengalami luapan air cukup deras. Salah satunya aliran sungai yang berada di belakang Kampung Kidz Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji.

Volume air tinggi dengan warna air cukup pekat sempat membuat warga panik. Pasalnya kejadian banjir bandang 4 November 2021 silam sempat melanda daerah tersebut.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, lantaran volume air yang tinggi membuat sawah yang ada di bantaran aliran sungai itu sebagian tergerus oleh air.

"Dampak hujan deras sore ini, sungai yang meluber adalah aliran sungai di Jalan Mbah Joyo, Dusun Banaran, yang berbatasan dengan Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. Alhamdulillah Aliran di sungai pasca banjir bandang sementara masih aman terkendali," jelas dia.

Luapan air sungai ini, masih kata Rochim, juga membawa material lumpur dan menutup akses jalan sepanjang 100 Meter.

"Sejak sore sudah dilakukan pembersihan material lumpur secara manual pun tengah dilakukan oleh tim gabungan dengan menggunakan peralatan seadanya dan dilakukan penyemprotan air untuk membersihkan sisa-sisa material," imbuhnya.

Sebagai informasi, saat hujan deras terjadi di kawasan Kecamatan Bumiaji juga sempat terjadi pemadaman listrik. Setidaknya pemadaman berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

“Iya saat hujan lebat sempat terjadi pemadaman. Syukur saat ini kondisi sudah terkendali, dan kami mengimbau warga untuk tetap waspada saat hujan kembali mengguyur," tandas dia. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Hujan Deras, Kota Batu Bersiaga Hadapi Banjir

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT