Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Potret Puluhan Ton Sampah yang Terbawa Banjir di Jember

profile
Rochul

31 Desember 2021 19:34

82 dilihat
Potret Puluhan Ton Sampah yang Terbawa Banjir di Jember
Pembersihan sampah di Bendungan Krangkengan Kencong

JEMBER - Puluhan ton sampah dibersihkan tim gabungan dari Bendungan Pondok Waluh, Kencong, Jember. Pembersihan ini dilakukan setelah, empat hari terakhir hujan deras menerjang kawasan tersebut sehingga mengakibatkan banjir. 

Pembersihan dilakukan agar sumbatan dari sampah - sampah sisa banjir tak menghalangi arus pembuangan air. Apalagi jika hujan deras sampah ini berpotensi menyumbat arus air sehingga berpotensi menimbulkan bencana. 

Terlihat sejumlah potongan bambu - bambu banyak ditemukan di bendungan. Diduga kuat bambu - bambu itu berasal dari hulu sungai di kawasan Pegunungan Argopuro, yang hanyut terbawa arus air. 

"Kegiatan ini dilakukan 4 hari kebelakang, dan hal ini segera kita lakukan bersama sama karena mumpung kondisi cuaca tidak hujan dan debit air turun," kata Umar Basar selaku Kepala Sumber Daya Air wilayah kencong, Jum'at,(31/12/2021)

Ia  menambahkan, kegiatan ini dilakukan bersama sama pihak tenaga bendung provinsi dan juga sumber daya air kabupaten Jember.

"Sekitar 14 orang tenaga yang kita kerahkan, agar cepat selesai, mumpung hujan belum datang dan debit menurun. Jika tidak lekas kita tanggulangi berdampak fatal dan bisa sebabkan tangkis jebol jika kondisi curah hujan tinggi dari hulu dan hilir dan juga saat air laut pasang," ucap dia.

Sementara di lokasi pembersihan timbunan sampah bambu di DAM krangkengan, puluhan tenaga ahli bendung dan dibantu masyarakat yang peduli sedang bersih bersih dengan cepat karena kondisi cuaca sedang cerah.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Potret Puluhan Ton Sampah yang Terbawa Banjir di Jember

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT