Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Ini Faktor yang Buat Pria Asal Blitar Curi Kotak Amal Masjid Bersama Istri dan Anaknya

profile
Admin

23 November 2020 16:01

170 dilihat
Ini Faktor yang Buat Pria Asal Blitar Curi Kotak Amal Masjid Bersama Istri dan Anaknya
Pelaku saat diamankan di Mapolres Malang

MALANG - Sempat viral aksi mencuri kotak amal Masjid Darul Khoirot Desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, akhirnya pelaku berhasil diamankan. Pelaku diamankan warga saat kepergok mencuri mukena, sarung, dan sajadah di Masjid Miftahul Jannah, Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. 

Pelaku berinisial RPH (43) warga Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, bersama istri dan anaknya diringkus warga saat kepergok mencuri mukena di Masjid Miftahul Jannah, Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Malang beberapa hari setelah aksinya mencuri kotak amal masjid viral. 

Kepada media pelaku mengaku terpaksa melakukan aksi pencurian lantaran desakan ekonomi setelah tidak lagi bekerja sebagai kernet bus Harapan Jaya. 

"Kepepet karena sudah tidak kerja sebagai kernet bus Harapan Jaya. Sejak pandemi memang berhenti bekerja,  akhirnya ada kepikiran mencuri kotak amal masjid di Pagelaran," ucap RPH. 

RPH menuturkan, awalnya dirinya tengah mencari pekerjaan mengajak istri dan anaknya di Gadang, Kota Malang. Namun karena temannya yang berjualan bakso tutup, akhirnya pulang dengan melintasi jalan - jalan alternatif hingga menuju Masjid Darul Khoirot, Pagelaran. 

"Dari sana kepikiran, tapi niat awal memang nyari kerjaan, tapi karena pekerjaannya nggak dapat ya akhirnya pulang lewat jalan - jalan kampung sampai ke Pagelaran itu. Sampai sana kepikiran mencuri kotak amal," paparnya. 

Namun sang istri dan anaknya awalnya sempat menolak diajak mencuri kotak amal masjid. Namun RPH mengaku mengancam istri dan anaknya untuk turut melakukan pencurian kotak amal tersebut. 

"Awalnya istri dan anak itu ikut saya mencari pekerjaan. Tapi kepikiran mencuri saya ya akhirnya saya ajak, mereka sempat menolak, tapi saya ancam mereka," tuturnya. 

Usai berhasil membobol kotak amal, RPH kemudian pulang ke rumahnya di Blitar. Hari berikutnya ia kembali bersama anak dan istrinya menuju masjid yang ada di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Di sana ia berniat mencuri mukena, sarung, dan sajadah dari Masjid Miftahul Jannah. 

Namun saat mencuri inilah menurut RPH, ia kepergok warga sekitar yang akhirnya mengamankan pelaku ke Mapolsek Pagelaran. 

Sebelumnya, sebuah video pencurian kotak amal oleh satu keluarga di Masjid Darul Khoirot, Desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, viral beredar di media sosial. Pelaku terekam kamera tengah mencuri kotak amal di Masjid Darul Khoirot pada Kamis sore 19 November 2020 lalu. 

Dari rekaman kamera CCTV tampak dua orang dewasa yang diduga sepasang suami istri dan anaknya mengendarai sepeda motor menuju Masjid Darul Khoirot sebelum akhirnya beraksi. 

Pelaku laki - laki tampak berusaha membobol kotak amal masjid. Setelah kotak amal berhasil dibobol, sang perempuan yang diduga ibu dan anaknya yang memasukkan uang dari kotak amal tersebut ke tas yang mereka bawa. Berbekal rekaman kamera CCTV sendiri polisi akhirnya melakukan penyelidikan. (Ris) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ini Faktor yang Buat Pria Asal Blitar Curi Kotak Amal Masjid Bersama Istri dan Anaknya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT