Kamis, 27 Januari 2022
Ekonomi

Inovasi Bisnis Batik Khas Pamekasan yang Sasar Generasi Milineal

profile
Admin

11 Oktober 2020 17:27

419 dilihat
Inovasi Bisnis Batik Khas Pamekasan yang Sasar Generasi Milineal
Batik KaDe Pamekasan saat mengenalkan kepada generasi milineal

PAMEKASAN – Batik khas Pamekasan Kade berinovasi dalam memasarkan bisnisnya. Kali ini batik asal Toronan, Desa Larangan Badung mencoba memasarkan sejumlah produk dengan menggandeng anak – anak muda yang tengah asyik di nongkrong di kafe.

 

Bagian strategi pemasaran ini menjadi salah satu alternatif pemasaran guna memperkenalkan kelebihan dan keunggulan batiknya. Tujuannya supaya pelanggan tertarik dan menjadi pelanggan loyal.

 

Owner Batik KaDe Ra. Abdus Samad mengaku, sengaja mengenalkan produknya kepada generasi milineal yang tengah asyik nongkrong di kafe. Menurutnya, sambil berbincang santai ia bisa mempromosikan dan mengenalkan batik ke kalangan anak muda.

 

"Suatu bisnis dapat berjalan jika memiliki konsep yang jelas. Termasuk memasarkan batik KaDe di Bani Cafe ini. Sebab, cafe merupakan tempat ternyaman muda-mudi kongkow. Di sini, kita punya peluang besar untuk promosi," ujar Abdus Samad, pada Minggu (11/10/2020).

 

Kak Does, sapaan akrabnya menambahkan, strategi pemasaran di kafe – kafe dan hotel merupakan terobosan baru, yang pertama kali ada di Kabupaten Pamekasan.

 

Rata-rata lanjutnya, pengrajin maupun pengepul batik hanya bergerilya di pasar maupun toko-toko tradisional. Sehingga, masyarakat yang membutuhkan batik harus ke lokasi tersebut. Dengan strategi pemasaran begitu, konsumen akan mudah mendapatkan batik tulis Pamekasan.

 

"Batik tulis Pamekasan merupakan batik dengan motif yang unik dan melegenda. Oleh karena itu, kita harus punya inovasi-inovasi baru dalam pemasran. Batik Pamekasan go internasional loh," paparnya.

 

Uniknya, dalam pemasaran batik KaDe di cafe terdapat doorprize terhadap pelanggan cafe. Hadiah yang diberikan berupa baju batik, makan gratis dan selembar batik.

 

Ia memaparkan, sejak tahun 2014 berkecimpung, batik Toronan mempunyai keunikan tersendiri teletak pada kecerahan warna dan ketahanan warna. Arti, warna tidak mudah pudar.

 

"Dalam perkembangan ini, batik toronan juga mengikuti tren pasar sehingga konsumen tertarik terkait motifnya," tutupnya. (Sol)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Inovasi Bisnis Batik Khas Pamekasan yang Sasar Generasi Milineal

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT