Kamis, 27 Januari 2022
Pemerintahan

Jaga Ekosistem Bahari, Pemprov Jatim Gencar Lakukan Rehabilitasi Mangrove, Banyuwangi Jadi Salah Satunya

profile
Ikhwan

29 Oktober 2021 13:40

73 dilihat
Jaga Ekosistem Bahari, Pemprov Jatim Gencar Lakukan Rehabilitasi Mangrove, Banyuwangi Jadi Salah Satunya
Gubernur melakukan penanaman mangrove dikawasan esensial Teluk Pangpang, Muncar Banyuwangi, Jum'at (29/10/2021).

BANYUWANGI - Pemerintah Provinsi Jawa Timur tengah gencar melakukan restorasi kawasan pesisir dengan merehabilitasi tanaman mangrove. Langkah pemulihan itu menjadi upaya pemrov untuk kembali menata ruang bahari, menyeimbangkan ekologi serta ekonomi yang baik bagi masyarakat seputaran kawasan pesisir.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Kepala Dinas Ir Jumadi Kehutanan Jawa Timur, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani beserta jajaran melakukan restorasi hutan mangrove di ekosistem esensial Teluk Pangpang, Wringinputih, Muncar, Banyuwangi, Jum'at (29/10/2021).

Khofifah Indar Parawansa mengatakan di tahun 2021 ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Badan Restorasi Gambut dan Mangrove mentargetkan 34 ribu hektar lahan yang direhabilitasi.

"Jadi sambil menunggu peta dari kementerian, kita mendahului melakukan proses penanaman mangrove di sejumlah titik strategis di Jawa Timur," kata dia.

Di bulan Oktober ini, kata Khofifah, titik awal yang sudah tuntas dilakukan rehabilitasi diantaranya di daerah Ujung Pangka, Gresik, berlanjut di Teluk Pangpang, Wringinputih, Muncar, Banyuwangi.

Awal November, masih Khofifah, daerah strategis yang akan disasar yakni di Probolinggo dan Bangkalan, Madura.

"Sembari kita memetakan dan menggali lokasi strategis lain yang bisa kita tumbuh kembangkan untuk membangun eksosistem laut yang baik mendukung ketahanan pangan dan mencegah global warming," kata Khofifah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ir Jumadi, di Jawa Timur luasan lahan yang menjadi target rehabilitasi seluas 2.590 hektar yang tersebar di 10 titik wilayah.

"Terbagi di sepuluh titik. Tapi nanti itu masih bisa berkembang lagi masih kita diskusikan dengan kementrian" pungkasnya.

Untuk target luasan rehabilitasi mangrove di  di Banyuwangi total mencapai 101 hektar. 25 hektar dari dana APBD diproyeksikan di 2 Kecamatan, 4 Desa diwilayah Muncar dan Tegaldlimo.

Kemudian 76 hektar dari APBN rencananya akan diproyeksikan hingga ke daerah Kecamatan Pesanggaran.

"Di kawasan esensial teluk pangpang yakni 25 hektar, dari dana APBD. Nanti yang 76 hektar dari dana APBN akan diproyeksikan sampai ke daerah Pesanggaran," tandasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jaga Ekosistem Bahari, Pemprov Jatim Gencar Lakukan Rehabilitasi Mangrove, Banyuwangi Jadi Salah Satunya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT