Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Jalan Menanjak, Truk Muatan Bahan Kimia Masuk Jurang di Jember

profile
Rochul

24 Juli 2021 20:24

90 dilihat
Jalan Menanjak, Truk Muatan Bahan Kimia Masuk Jurang di Jember
Kondisi Truk Ringsek yang Terjun Ke Jember.

JEMBER - Truk Colt Diesel berplat P 9915 AC mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Merak, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Sabtu (24/7/2021).

Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 9.00 WIB itu diduga karena truk bermuatan bahan kimia methyl ester sulfonate seberat kurang lebih 9 ton disinyalir tidak kuat melaju di jalan tanjakan dengan sudut kemiringan kurang lebih 60 derajat.

Karena tidak kuat melaju itu, truk tersebut mundur dan masuk ke jurang yang dibawahnya terdapat bekas kolam pemancingan.

Truk sendiri diketahui melaju dari arah timur menuju ke barat tepatnya dari Kabupaten Lumajang.

Menurut salah seorang warga sekitar Tohari (40), saat terjadinya kecelakaan tungga itu. Truk tidak kuat melaju di tanjakan sepanjang kurang lebih 100 meter itu.

"Sering kecelakaan di tanjakan ini. Truk itu tidak kuat, terus mundur dan terguling ke arah sisi kiri jalan, yang juga jurang setinggi 10 meter," kata Tohari.

Beruntung dalam insiden itu, 3 orang yang terdiri dari 1 sopir dan 2 kernet selamat dari peristiwa maut. Hanya sopir yang belum diketahui namanya mengalami luka ringan pada bagian telinga.

"Kernetnya loncat, kalau sopirnya cuman luka di telinga terus dibawa ke rumah sakit," jelasnya.

Ditanya untuk identitas sopir dan kernet, Tohari mengaku tidak tahu. "Tadi sepertinya langsung ke rumah sakit. Tidak tahu lagi saya," ucapnya.

Terpisah,  Kanit Laka Satlantas Polres Jember Ipda Kukun Waluwi Hasanudin saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon mengatakan, pihaknya belum bisa menyampaikan data lengkap lantaran pengemudi dan kernet truk menghilang sesaat setelah kejadian.

"Itu gak ada yang nunggu, pemiliknya ini gak tanggung jawab," kata Ipda Kukun.

Posisi truk hingga berita ini ditulis masih berada di kolam bekas pemancingan ikan. Dengan kondisi bak truck dan bodi truk hancur. Muatannya pun yang terbungkus kain karung goni berserakan di samping truk nahas itu.

Karena posisi truk berada di jurang, polisi harus melakukan evakuasi dengan alat derek khusus.

"Iya ini kita carikan derek yang mampu karena milik kita tidak kuat," ujarnya.

Pihaknya menghimbau pada pengendara lain agar berhati-hati saat melintas tanjakan jalan itu.

"Karena sudut kemiringan tanjakan ini cukup terjal. Ditambah sisi kiri jalan yang berhadapan dengan jurang, sehingga rawan sekali terjadi kecelakaan," pungkasnya. (Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jalan Menanjak, Truk Muatan Bahan Kimia Masuk Jurang di Jember

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT