Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Jalan Pantura Situbondo Macet Parah Imbas Pohon Tumbang

profile
Sarwo

16 November 2021 21:49

116 dilihat
Jalan Pantura Situbondo Macet Parah Imbas Pohon Tumbang

SITUBONDO - Rapuhnya akar dan gemburnya tanah akibat guyuran hujan deras buat pohon besar di Jalan Pantura Situbondo roboh. Pohon jenis sengon di Desa Sumberrejo,  Kecamatan Banyuputih, roboh dan membuatnya arus lalu lintas macet parah. 

Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo, Puriyono membenarkan peristiwa tersebut, arus lalu lintas yang menghubungkan Situbondo menuju Banyuwangi dan sebaliknya sempat terjadi kemacetan. Karena pohon sengon yang tumbang tersebut melintang di badan jalan.

"Arus lalulintas kembali lancar, setelah aparat kepolisian bersama Koramil setempat dan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tagana dibantu warga sekitar, berhasil mengevakuasi pohon yang melintang ditengah jalan raya tersebut," ucap Puriyono, Selasa (16/11/2021) malam.

Lebih lanjut Puriyono menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tumbangnya pohon sengon yang terjadi pada pukul 18.20 WIB malam ini. 

Sebab saat kejadian, arus lalulintas dalam kondisi sepi. Upaya evakuasi dan pemotongan kayu tersebut dengan menggunakan gergaji mesin.

"Untuk mengurai kemacetan, petugas Polsek Banyuputih memberlakukan buka tutup jalan. Sekitar pukul 19.20 WIB batang pohon yang melintang di jalan berhasil dievakuasi kepinggir jalan. Arus lalu lintas kembali lancar," tuturnya.

Pohon sengon berukuran besar itu, sambung Puriyono, tumbang akibat tanah gembur dan akarnya yang mulai rapuh.

“Gemburnya tanah itu, karena sering diguyur hujan di akhir akhir ini, serta akar pohon yang sudah lapuk sehingga tumbang,” pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jalan Pantura Situbondo Macet Parah Imbas Pohon Tumbang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT