Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Jalur Ganda KA Mojokerto-Jombang Beroperasi, Masyarakat Dihimbau Waspada

profile
Admin

27 Oktober 2020 20:09

300 dilihat
Jalur Ganda KA Mojokerto-Jombang Beroperasi, Masyarakat Dihimbau Waspada
Jalur kereta api ganda di perlintasan sebidang di Mojokerto
KOTA MOJOKERTO - Setelah dua tahun dikerjakan, jalur kereta api ganda Mojokerto - Jombang sepanjang 24KM resmi dioperasikan mulai Senin dini hari kemarin (26/10/2020). 

Penanggung Jawab Pelaksanaan Bagus Dharma Bhilawa mengungkapkan, pembangunan jalur ganda rel kereta api antara Mojokerto – Jombang merupakan salah satu Proyek PSN (Program Strategis Nasional). Dimana proyek ini merupakan bagian dari wilayah kerja Balai Teknik  Perkeretaapian Jawa Bagian Timur, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan.

"Dengan dioperasikannya jalur ganda jalan kereta api, maka akan menambah kapasitas lintas dan pasti nantinya akan terjadi penambahan perjalan kereta api di lintas selatan Jawa," ucapnya. 

Pelaksanaan pembangunan dikerjakan selama 14 (empat belas) bulan dengan skema pembiayaan MYC (Multi Years Contract) selama dua tahun anggaran 2019 - 2020, dengan sumber pembiayaan berasal dari SBSN.

Bagus menambahkan, dari Stasiun Jombang sampai Stasiun Mojokerto antara KM 56+000 sampai dengan KM 80+000 setidaknya terdapat lima stasiun. Dimana ada sekitar 22 perlintasan sebidang jalur kereta api, baik yang dijaga dan tidak dijaga, 7 perlintasan resmi dijaga, 8 perlintasan dilengkapi rambu dan Early Warning Sistym (EWS) dan 7 perlintasan dilengkapi rambu tanpa EWS

Dengan telah resmi dioperasikannya jalur ganda jalan kereta api tersebut, dihimbau kepada warga masyarakat, khususnya para pengguna jalan agar lebih berhati - hati, saat akan melewati perlintasan sebidang jalur kereta api. Hal ini lantaran ada dua kereta api yang melintasi perlintasan rel tersebut.

"Patuhi rambu-rambu dan informasi di perlintasan jalur KA yang tersedia, tengok kanan kiri untuk memastikan bahwa tidak ada KA yg sedang melintas," pungkas Bagus.

Sementara itu, Kasi Prasarana Balai Teknik Perekeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Arif Sudiyatmoko menyampaikan, pengerjaan penambahan jalur kereta ini telah rampung hingga mencapai 205 Kilometer.

"Sepanjang kurang lebih 24 KM dimana jalur ganda Jombang Mojokerto ini merupakan bagian dari jalur ganda lintas selatan Jawa dari Surabaya kemudian Solo sampai dengan Jakarta," tambahnya.

Arif menambahkan, aktifnya double track ini otomatis akan membuat jarak tempuh menjadi singkat, artinya, tidak sampai ada antrian kereta di setiap stasiun. "Kalau Surabaya-Solo, bisa menghemat waktu antara 1 jam hingga 1 1/2 jam," imbuhnya.

Saat ditanya sisi faktor keamaman yang diterapkan, ia menegaskan akan menjamin keselamatan dalam pengoperasian.

"Tentu yang pertama adalah keselamatan, karena tidak ada pertemuan kereta api masing-masing berjalan pada jalurnya satu arah," tegasnya. 

Masih kata Arif, permasalahan pembebasan lahan yang digunakan untuk pembangunan jalur kereta api tersebut telah rampung dan sudah  tidak ada masalah dengan warga. 

"Dengan selesainya jalur ganda ini, tentu lahan-lahan yang dulu ditempati oleh warga sudah kami selesaikan sesuai dengan ketentuan yang ada," tukasnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jalur Ganda KA Mojokerto-Jombang Beroperasi, Masyarakat Dihimbau Waspada

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT