Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Jalur Payung Retak, Klemuk Jadi Opsi Alternatif Meski Berbahaya

profile
Doi

16 Februari 2021 10:42

39 dilihat
Jalur Payung Retak, Klemuk Jadi Opsi Alternatif Meski Berbahaya
Kondisi jalan di jalur payung yang mengalami keretakan parah. (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu)

KOTA BATU – BPBD Jawa Timur melakukan kajian terhadap retakan jalan Brigjen Moh Manan (Kawasan Wisata Payung I), Songgokerto, Kota Batu (Payung I) yang sudah terjadi selama satu pekan ini.

Disampaikan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim, Gatot Soebroto saat meninjau lokasi retakan, Senin (15/2/2021) mengatakan retakan itu terjadi karena ada penurunan tanah yang hari ini mencapai 15 cm.

"Kami lakukan kajian terhadap retakan jalan itu. Selanjutnya hasil kajian tersebut BPBD Jatim akan merekomendasikan kepada pihak terkait untuk segera melakukan langkah-langkah cepat demi menanggulangi hal tersebut," jelas Gatot.

Pihak Provinsi dan Kota Batu, lanjut Gatot, harus segera melakukan pengalihan arus atau perbaikan jalan di kawasan tersebut. "Kami akan berkoordinasi demgan Dishub dan Satlantas Kota Batu untuk merekayasa lalu lintas. Untuk kendaraan kecil tanpa muatan barang agar dialihkan lewat Jalan Klemuk," imbuhnya.

 

Jika masih ada kendaraan yang melintas, masih kata Gatot, akan menyebabkan getaran pada tanah, sehingga penurunan tanah akan semakin parah. “Kalau hujan deras dengan jangka waktu yang lama itu berbahaya. Kami merekomendasikan agar jalan ditutup total, karena pada saat itu retakan tanah bisa semakin parah,” jelas dia.

Lebih lanjut, Kepala Dinas PUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat memaparkan bahwa kewanangan jalan tersebut adalah otoritas Provinsi Jatim. Jadi keputusan kebijakan ada di tangan Provinsi Jatim penuh. “Jalan ini sudah dalam kondisi sakit dan membutuhkan tindak lanjut. Jelasnya kami akan membantu sebisa mungkin untuk penanganan ini dengan koordinasi kepada pihak provinsi," paparnya.

Sementara itu, menyikapi arahan BPBD Kota Batu agar ada pengalihan lalulintas lewat jalur Klemuk, anggota Satlantas Polres Batu, Ipda Huda angkat bicara. "Perlu dipertimbangkan penggunaan jalan Klemuk itu, karena sangat curam dan membahayakan, perlu kita pertimbangkan bersama untuk keselamatan pengguna jalan. Meski itu satu-satunya jalan alternatif," tandas dia. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jalur Payung Retak, Klemuk Jadi Opsi Alternatif Meski Berbahaya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT