Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Januari Hingga Maret, Kota Batu Diprediksi Rawan Bencana Terdampak Hujan

profile
Admin

02 Januari 2021 16:06

92 dilihat
Januari Hingga Maret, Kota Batu Diprediksi Rawan Bencana Terdampak Hujan
Salah satu bencana tanah longsor yang pernah terjadi di Kota Batu, diprediksi akan terjadi antara Januari hingga Maret 2020. (Foto: istimewa)

KOTA BATU,- Berdasarkan peta prakiraan curah hujan oleh Stasiun Klimatologi Malang akumulasi curah hujan di Jawa Timur bulan Januari - Maret 2021 berkisar antara 2O1 - >500 mm.

Sebab itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu mengimbau masyarakat untuk tetap waspada akan potensi bencana seperti longsor, banjir, hingga angin kencang.

β€œJumlah curah hujan tersebut termasuk kategori menengah hingga sangat tinggi yang juga akan melanda kawasan Kota Batu. Jadi potensi bencana di Kota Batu bisa datang kapanpun. Tidak ada salahnya jika kita lakukan langkah antisipasi sejak sekarang,” jelas Agung.

Beberapa daerah rawan bencana, lanjut Agung, akan memaksimalkan relawan BPBD yang telah tersebar di 19 desa dan 5 kelurahan.

"Kami memiliki banyak relawan, yang nantinya bukan hanya berfungsi saat eksekusi. Lebih cenderung gerakan mereka, adalah melakukan langkah antisipasi," katanya.

Selain Kota Batu, curah hujan tinggi hingga sangat tinggi diprakirakan terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Kediri, Blitar, Malang, Nganjuk.

Lalu Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Madiun, Magetan, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Jember, dan Lumajang.

Sedangkan berdasarkan peta prakiraan curah hujan oleh Stasiun Klimatologi Malang, akumulasi curah hujan di bulan Februari 2021 berkisar antara 151 - >500 mm.

Jumlah curah hujan tersebut termasuk kategori menengah hingga sangat tinggi untuk di wilayah Kota Batu. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Januari Hingga Maret, Kota Batu Diprediksi Rawan Bencana Terdampak Hujan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT