Kamis, 27 Januari 2022
Politik

Jelang Pilkada, Polres Trenggalek Gencar Lakukan Patroli Siber

profile
Admin

12 November 2020 07:33

166 dilihat
Jelang Pilkada, Polres Trenggalek Gencar Lakukan Patroli Siber
Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring

TRENGGALEK- Polres Trenggalek gencar melakukan patroli siber di media sosial (Medsos) menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020.


Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, mengatakan dari jajaran polres juga sudah membentuk cyber trop dan melakukan pemantauan medsos sebagai upaya antisipasi penyebaran berita-berita hoaks, yang berkaitan pilkada serentak.


"Itu semua merupakan upaya kami untuk mencegah penyebaran informasi yang bisa saja mengganggu keamanan dan stabilitas di tengah masyarakat," ucap Sembiring, Kamis (12/11/2020)

 

Pihaknya menambahkan, akan melakukan penindakan jika memang ada pengguna sosial media yang menyalahgunakannya dengan menyebarkan informasi palsu alias hoaks.

 

"Hasilnya belum kita temukan, namun ada indikasi pelanggaran undang-undang pilkada, dan ITE sebagaimana UU nomor 28 tahun 2011," terangnya.

 

Pada masa pandemi COVID-19, peserta pilkada banyak didorong melakukan kampanye virtual. Selain itu, peningkatan patroli di medsos juga untuk menindak adanya kampanye hitam.

 

Doni Satria mengimbau kepada masyarakat Trenggalek, jika menemukan pelanggaran di media sosial untuk segera melaporkan ke pihak kepolisian.

 

"Hal tersebut dilakukan supaya kami segera mengambil langkah-langkah antisipasi seperti melakukan take down informasi tersebut. Jangan sampai informasi itu menyebar, dan merusak marwah pelaksanaan pilkada di Trenggalek." jelasnya.

 

Polri bertugas untuk mengamankan penyelenggaraan pilkada sesuai dengan tugas pokoknya. Sikap Polri sendiri netral dengan tidak memihak maupun memberikan dukungan kepada salah satu kontestan pilkada. 


"Tidak hanya anggota polri yang wajib netral. Namun, Aparatur Sipil Negara (ASN) polri juga netral. Agar selalu pelaksanaan pilkada bisa berjalan dengan tertib lancar dan kondusif." pungkasnya. (Tatang)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jelang Pilkada, Polres Trenggalek Gencar Lakukan Patroli Siber

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT