Sabtu, 22 Januari 2022
Ekonomi

Kadin Minta Pemkab Lumajang Beri Bantuan ke Pelaku UKM Terdampak PPKM Darurat

profile
achmad fuad

13 Juli 2021 09:10

44 dilihat
Kadin Minta Pemkab Lumajang Beri Bantuan ke Pelaku UKM Terdampak PPKM Darurat
Pedagang kaki lima terdampak PPKM darurat (dokumen SJP)

LUMAJANG - Pemberlakuan PPKM darurat di Lumajang mulai dikeluhkan oleh para pelaku usaha dan pedagang kaki lima (PKL). Namun Kamar Dagang Industri (Kadin) Lumajang mendukung adanya pemberlakuan PPKM darurat untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Ketua Kamar Dagang (KADIN) Kabupaten Lumajang Agus Setiawan mengatakan, pemberlakuan PPKM darurat ini untuk pencegahan Covid-19 kian meluas. Apalagi beredar informasi Kabupaten Lumajang masuk zona hitam penyebaran Covid-19. 

"Kami Kadin mendukung penerapan PPKM Darurat di Kabupaten Lumajang, sebagai bentuk ikhtiar bersama dalam rangka mengendalikan Covid-19 di Lumajang," kata Agus saat dikonfirmasi suarajatimpost, pada Selasa (13/7/2021). 

Menurutnya, sikap dukungan ke penerapan PPKM darurat ini seiring dengan himbauan pemerintah pusat agar dapat mengurangi kasus Covid-19. Pihaknya berharap dengan dukungan kepada program pemerintah tersebut, kesehatan akan cepat pulih yang bisa berimbas ke perekonomian di Indonesia. 

"Kami berharap sosialisasi pelaksanaan PPKM Darurat seperti kegiatan penyekatan jalan yang dilakukan hari ini, dapat dilakukan lebih masif oleh Pemkab agar masyarakat mengerti dan memahami selain itu agar Pengusaha memiliki waktu untuk mempersiapkan diri sehingga tidak terkesan mendadak dan mendatangkan kerugian usaha yang cukup besar," paparnya.

Pihaknya pun mendesak Pemkab Lumajang agar terus menyosialisasikan kegiatan usaha yang diperbolehkan beroperasi selama PPKM darurat. Hal ini penting karena masyarakat dinilainya belum memahami sektor esensial dan sektor kritikal yang diatur dalam penerapan PPKM darurat. "Sektor informal lebih membutuhkan perlindungan," katanya. 

Tak hanya itu, ia meminta masyarakat dan sektor usaha yang terdampak PPKM darurat, bisa disuplai bantuan minimal pemberian sembako maupun uang tunai. 

"Tanpa kejelasan kompensasi yang akan diterima, masyarakat akan berat hati untuk mematuhi ketentuan PPKM Darurat," bebernya. 

Terakhir kali, disampaikan Agus, Kadin Lumajang berharap Pemkab Lumajang dan Intansi terkait membuka peluang bagi pengusaha untuk tetap beroperasional dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Dengan memberikan pembinaan dan pengawasan agar kegiatan usaha berjalan dengan baik dan aman," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kadin Minta Pemkab Lumajang Beri Bantuan ke Pelaku UKM Terdampak PPKM Darurat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT