Rabu, 26 Januari 2022
Kesehatan

Kadinkes Masih Belum Tau Jumlah Lansia yang Akan Divaksin

profile
achmad fuad

16 Februari 2021 17:33

49 dilihat
Kadinkes Masih Belum Tau Jumlah Lansia yang Akan Divaksin

LUMAJANG –Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius, mengajak kepada semua masyarakat menjadikan hari sebagai rutinitas kerja.

“Mari kita jadikan hari ini sebagai bahan bakar semangat kita untuk produktif, sehingga rasa takut akan banyaknya pekerjaan yang sudah menanti didepan kita tidak lantas membuat kita lelah bahkan sebelum melangkah,” katanya kepada suarajatimpost.com.

Dan menurut dr Bayu, bahwa ada kabar dari Kementerian Kesehatan RI, bahwa pemerintah secara resmi mengizinkan pemberian vaksin COVID-19 bagi kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas COVID-19 dan ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa tambahan.

“Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor : HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Pada Kelompok Sasaran Lansia Komorbid dan Penyintas COVID-19 serta Sasaran Tunda yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit per tanggal 11 Februari 2021,” jelasnya.

Ketika ditanyakan, kapan para lansia tersebut akan divaksin, dr Bayu belum bisa menjawab dengan pasti, namun dijadwalkan. Dr Bayu juga belum mengetahui berapa jumlah lansia yang akan diberikan vaksin Covid-19 ini.

“Lansia didulukan, mungkin awal Maret atau minggu kedua. Jumlah sasaran dan jadwal pasti belum ada,” tambahnya. 

Kadinkes sendiri belum mengetahui pastinya, para lansia itu divaksin secara mandiri atau gratis, sebab belum ada petunjuk. Jadi kalau sudah skreening detail, nanti petunjuk pelaksanaan di Puskesmas.

“Nanti bisa daftar di RT/RW atau desa/kelurahan. Wajib bagi yang penuhi syarat,” paparnya.

Namun kata dr Bayu, jangan lupa juga kepada teman-teman, untuk selalu terapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan pakai Sabun dan Air Mengalir dan Menjaga Jarak), sebab kesehatan jiwa adalah bagian krusial dalam kesehatan itu sendiri. 

“Maka nanti sepulang bekerja, jangan lupa untuk beristirahat sejenak dengan langkah-langkah sederhana, seperti meditasi, mindfullness, mendengarkan musik, ataupun beribadah,” bebernya lagi.

Hal tersebut, dikatakan dr Bayu, adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi stres dalam menjalani rutinitas kita semua.

Dan terpenting, disampaikan dr Bayu yaitu jangan lupa selalu terapkan 3M dalam segala aktivitas kita diluar rumah.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kadinkes Masih Belum Tau Jumlah Lansia yang Akan Divaksin

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT