Sabtu, 29 Januari 2022
Pemerintahan

Kadis PUPR Pamekasan Pastikan Dana PEN Bisa Cair Hari Ini

profile
Faisol

16 Februari 2021 15:11

320 dilihat
Kadis PUPR Pamekasan Pastikan Dana PEN Bisa Cair Hari Ini

PAMEKASAN - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pamekasan Cahya Wibawa menyebut proyek Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sempat tidak dibayarkan bisa dicairkan minggu-minggu ini, Selasa (16/2/2021).

"Informasi terakhir tadi dari pak Sahrul (Kepala Badan Keuangan Daerah) sudah bisa diproses pengajuan SPP," kata Kadis PUPR Pamekasan Cahya Wibawa saat dimintai keterangan di kantornya.

Menurutnya, hari ini pihak kontraktor dapat mengajukan SPP pekerjaan proyek yang dikerjakan sehingga pihak keuangan bisa membayarnya.

"Hari ini katanya sudah bisa mengajukan. Insya Allah sesuai pernyataan pak Sahrul mingu-minggu ini," terangnya.

Ia menyebut, jatah dana PEN dari pusat untuk Pamekasan sebesar Rp 150 miliar. Untuk Dinas PUPR sendiri mendapat bagian sebesar Rp 139 miliar. Dana tersebut diperuntukkan untuk proyek Hotmix.

"Dari Rp 139 miliar itu digunakan untuk 38 paket proyek jalan. Sementara yang dapat dikerjakan hanya 30 paket proyek. 8 paket lainnya tidak bisa dikerjakan," paparnya.

Cahya menerangkan kendala kedepalan paket proyek tersebut kenapa tidak bisa dikerjakan, yakni dikarena tidak ada yang menawar di LPSE dan ada yang tidak memenuhi syarat. "Sehingga tidak bisa dikerjakan," ujarnya.

Dari sebanyak 30 paket proyek tersebut ada 4 paket yang sudah dicairkan dananya oleh pemerintah daerah. Sementara lainnya masih belum dicairkan.

"Ia tidak cair karena tidak memenuhi ketentuan waktu yang sudah disepakati. Sebelumnya sudah disampaikan kepada pihak rekanan dampak dari pekerjaan tidak segera selesai ia seperti ini (dicairkan dengan syarat dimasukkan ke anggaran tahun 2021)," tukasnya.

Sebelumnya, salah seorang kontraktor, H Halim mengaku kecewa atas sikap pemerintah daerah khususnya Dinas PUPR Pamekasan lantaran tidak segera mencairkan dana proyek meski pekerjaan telah 100 persen.

Menurutnya, imbas dari tidak cairnya anggaran tersebut yakni, para pekerja yang sejauh ini telah mengabdi kepada pihak rekanan tidak dibayar. Selain itu, pihak kontraktor yang selalu ditekan untuk segera membayar oleh Supplier Asphalt Mixing Plant (AMP)

"Akibatnya kami dengan supplier AMP melebihi deadline waktu kontrak yang ditentukan kedua belah pihak," kata H Halim.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kadis PUPR Pamekasan Pastikan Dana PEN Bisa Cair Hari Ini

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT