Sabtu, 29 Januari 2022
Ekonomi

Kebun Bibit Rakyat Upaya Desa Ringintunggal Pulihkan Ekosistem Lingkungan

profile
Admin

30 Desember 2020 19:29

125 dilihat
Kebun Bibit Rakyat Upaya Desa Ringintunggal Pulihkan Ekosistem Lingkungan
Tanam bersama wujud peluncuran Kebun Bibit Rakyat

BOJONEGORO –  Petani di Desa Ringintunggal, Gayam, Bojonegoro, yang tergbaung dalam kelompok pertanian (Gapoktan) Tani Berkah meluncurkan kebun bibit. Kebun Bibit Rakyat ini diluncurkan secara simbolis dengan tanam bersama yang dilakukan oleh Kepala Cabang Dinas Perkebunan dan kehutanan Cabang Provinsi Jawa Timur Purnomo Nugroho, Camat Gayam Agus Hariyana, Mupika Kecamatan Gayam.

 

Ketua Bibit Rakyat Tani Berkah Ahmad Eksan menyatakan, adanya kelompok tani ini bisa menjadi pembibitan dan gerakan menyelamatkan ekosistem lingkungan yang ada di Desa Ringintunggal. Bukan hanya itu, ke depan juga akan dilakukan diskusi rutin untuk memecah akar persoalan kelompok tani yang ada di Ringintunggal.

 

"Kami dipercaya oleh Dishutbun Cabang Provinsi Jawa Timur pembibitan tahun ini, kami ada sekitar 30 ribu bibit, yang siap tanam, dari jambu kristal, sawo, mahoni,tabe buya, dan trembesi semua itu diperuntukan untuk masyarakat," ujar Eksa pada Rabu (30/12/2020).


 

Kepala Cabang Dinas Perkebunan dan Kehutanan Jawa timur Purnomo Nugroho menyatakan, adanya kelompok pertanian atau Gapoktan menjadi penyeimbang ekosistem yang bia mendorong berkembangnya desa.

 

"Tiap kelompok Gapoktan desa ada sekitar 30 ribu bibit (jenis KBR),  untuk desa juga ada yang namanya KMD. Semuanya bisa mengikuti secara prosedur, bisa datang di kantor Hayam Wuruk, kami mewakili Bojonegoro, Tuban, Gresik, Sidoarjo, dan Lamongan " jelasnya.

 

Di sisi lain seorang anggota DPR RI Farida Hidayati mengapresiasi kemunculan Gapokta Kebun Bibit Rakyat Tani Berkah. Menurutnya kehadiran Tani Berkah juga bisa menjadi bagian upaya penyelamatan lingkungan bersama.

 

"Bojonegoro sering banjir, kebetulan program kita bersama LMDH, perkebunan serta kehutanan hal ini menjadi konsen kita, agar kelompok kelompok tani dilibatkan, bagaimana kedepan tidak lagi, di depan hijau tapi didalam gersang, hal ini jangan lagi, yang ingin seperti KBR Tani Berkah Ringintunggal bisa menyampaikan aspirasinya lewat saya," pungkasnya.(Mustakim).

 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kebun Bibit Rakyat Upaya Desa Ringintunggal Pulihkan Ekosistem Lingkungan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT