Sabtu, 22 Januari 2022
Pemerintahan

Kekosongan Posisi Perades di Kecamatan Kapas akan Segera Diisi

profile
Mustakim

23 April 2021 11:09

158 dilihat
Kekosongan Posisi Perades di Kecamatan Kapas akan Segera Diisi
Suasana proses seleksi pengisian perangkat desa di SMP 1 Bojonegoro beberapa waktu lalu (dokumen SJP)

BOJONEGORO - Sebanyak 13 dari 21 desa di Kecamatan Kapas, Bojonegoro terdapat kekosongan di posisi perangkat desa (Perades). Nantinya pengisian perangkat desa di 13 desa ini rencananya dijadwalkan dilakukan pada Juni mendatang.

Dari 13 desa yang posisi perangkat desa yang kosong, ada 10 posisi struktural di perangkat desa yang diprediksi bakal menjadi magnet bagi masyarakat.

Dari informasi yang dihimpun ada 10 jabatan di 13 desa di Kecamatan Kapas yang perangkat desanya kosong. Di posisi sekretaris desa yang kosong di Desa Tapelan, Desa Kumpulrejo, Desa Ngampel, dan Desa Klampok. Sedangkan di posisi lain misalnya kepala dusun juga beberapa desa akan dilakukan pengisian di tahun 2021 ini.

Sedangkan untuk posisi kepala dusun itu yang kosong di Desa Kumpulrejo, Desa Ngampel, Desa Tanjungharjo, Desa Sukowati Kasun 2, dan Desa Wedi membutuhkan posisi Kasun 1. Adapun jabatan lain yang akan diisi pada kepala sie dan kepala urusan (kaur) yang ada di Desa Kapas yang memerlukan Kaur Pemerintahan, Desa Kedaton di posisi Kaur Keuangan, Desa Mojodeso yabg memerlukan Kasi Pemerintahan, Kaur TU dan Umum.

Selanjutnya untuk Desa Bogo memerlukan Kaur Pelayanan, Kaur Kesejahteraan, dan Kaur TU dan Umum, Desa Sambiroto di posisi Kasi Pelayanan dan Kaur TU dan Umum, Desa Tanjungharjo yang memerlukan Kaur Umum dan Kaur Perencanaan, Desa Bakalan pada posisi Kasi Pemerintahan.

Camat Kapas Agus S. Hariyanto membenarkan adanya kekosongan jabatan perangkat desa pada posisi - posisi tersebut di 13 desa di wilayahnya. Menurut Agus, pengisian posisi perangkat desa yang kosong sejak 2020, akan dilakukan tahun 2021 ini dengan landasan regulasi yang ada.

"Posisinya akan diisi secara serentak tahun ini dengan regulasi Peraturan Bupati (Perbup) No 36 Tahun 2017 tentang pelaksanaan Peraturan Daerah No 1 tahun 2017 tentang Perangkat Desa yang saat ini dirubah menjadi Perda No 9 Tahun 2019 tentang Perangkat Desa," ucapnya kepada suarajatimpost.com, pada Jumat (23/4/2021).

Dari 10 lowongan itu, 7 posisi lowongan perangkat desa bakal menjadi prioritas terlebih dahulu diisi. Ketujuh desanya yakni Tanjungharjo, Bangilan, Kalianyar, Sambiroto, bakalan, Bogo, dan Sukowati. "Rencana ada 7 Desa, ada 10 lowongan yang nanti kita buka secara bersamaan," katanya.

Dirinya menyatakan, pelaksanaan ujian dan tahapan seleksi perangkat desa diserahkan ke desa masing - masing. Dimana dalam hal ini desa bisa melakukan sendiri, namun bila lebih dari satu atau serentak bersamaan juga diperkenankan, sesuai aturan yang ada.

"Memang, pengisian ini bisa dilaksanakan sendiri oleh desa, tapi juga bisa dilaksanakan bersamaan bila lebih dari satu," jelasnya.

Saat ini sendiri dari laporan yang diterimanya, ketujuh desa ini telah membentuk tim pada April ini dan mengagendakan pelaksanaan seleksi bisa dilakukan pada pertengahan Juni mendatang.

"Nanti kita bahas lebih lanjut, untuk pembentukan tim dan tahapan akan di awali pada bulan April, pelaksanaanya Juni," terangnya.

Ia mengingatkan agar pengisian perangkat desa di Kecamatan Kapas tidak terjadi kegaduhan yang berujung pemanggilan di kejaksaan sebagaimana terjadi di kecamatan lainnya. Maka Agus berharap pada tim panitia dan kepala desa agar memahami isi Perda dan Perbup, agar semua tidak terjadi kesalahpahaman.

"Untuk kepala desa mau pun tim untuk memahami aturan Perda dan perbup, agar tidak ada definisi - definisi lain di kemudian hari," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kekosongan Posisi Perades di Kecamatan Kapas akan Segera Diisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT